breaking news New

Filosofi Cicak dan Empat Payudara

Kabarnusantara.net – “Bapak-bapak dan Ibu-ibu tahu arti ornamen cicak di rumah tradisional itu?” tanya seorang pemandu wisata kepada rombongan wisatawan yang beliau pandu, sambil tangannya menunjuk sebuah ornamen di rumah tradisional di Huta Siallagan, Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Di Tugu Perbatasan Kota Pematang Siantar ketika menuju Pulau Samosir, ada Ornamen yang sama, “ada apa dengan cicak?”

“Bapak-bapak dan Ibu-ibu tahu empat buah benda seperti gunung atau bukit di depan cicak itu?” sang pemandu bertanya kembali. 

 “Empat buah benda itu adalah payudara,” ujar pemandu itu, tanpa menunggu jawaban.

Ornamen berupa cicak dan empat payudara/ Foto: Doc



Ada cicak dan empat payudara. Hal ini akan kita temui pada rumah tradisional suku Batak di Huta Siallagan. Huta adalah kampung tradisional suku Batak yang dikelilingi oleh benteng dan pohon bambu di atas benteng untuk menghalangi musuh masuk ke dalam kampung. Huta hanya memiliki satu pintu gerbang. Huta Siallagan artinya Kampung Siallagan, yang warganya merupakan marga Siallagan.

Di dalam huta ini masih terdapat beberapa rumah tradisional yang disebut “bolon” dan lumbung yang disebut “sopo”. Letak bolon dan sopo saling berhadapan dan dipisahkan oleh halaman luas untuk tempat berkegiatan warganya.  Salah satu rumah bolon di kampung ini digunakan sebagai museum, di rumah inilah ornamen cicak yang menghadap empat payudara itu berada. 

Huta hanya memiliki satu pintu gerbang. Huta Siallagan artinya Kampung Siallagan, yang warganya merupakan marga Siallagan/ Foto: National Geographic Indonesia)



Penasaran dengan arti dari ornamen tersebut? 

Dilansir nationalgheographic.co.id, Cicak adalah hewan yang bisa hidup di mana saja, mudah beradaptasi, artinya generasi Batak harus keluar daerah untuk mencari peruntungan dan dapat hidup di mana saja, dan kalau empat payudara melambangkan kesuburan, cicak yang menghadap payudara melambangkan generasi Batak yang keluar kampung harus ingat ibu yang sudah melahirkan dan kampung halamannya. 

Filosofi mendalam, banyak orang yang akan belajar dari cicak maupun payudara itu sendiri. (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password