breaking news New

STUBE HEMAT Konsisten Adakan Platihan Komunikasi Bagi Mahasiswa

YOGYAKARTA, Kabarnusantara.net-Mampu berkomunikasi secara efektif merupakan kemampuan paling penting dari semua keterampilan yang harus dimiliki, karena komunikasi pada dasarnya adalah sebuah tindakan mentranfer informasi baik lisan,tulisan,visual atau non-verbal.

Khususnya mhasiswa di kampus keterampilan berkomunikasi yang baik tentu sangat dibutuhkan.
Baik untuk menyampaikan presentasi, memimpin diskusi,menyampaikan debat atau mempertahankan pendapat dan ide.

Banyak mahasiswa yang tidak disiapkan dalam hal keterampilan ini karena latar belakang budaya berbeda, faktor bahasa daerah, kompetensi yang rendah dan faktor psikologis lainnya.

Melihat pentingnya keterampilan berkomunikasi STUBE HEMAT, kembali menyelenggarakan program pelatihan keterampilan berkomunikasi bagi mahasiswa dengan menghadirkan pakar komunikasi Magdalena Betty.

Kegiatan pelatihan yang mengusung tema “ Aku Ada, Aku Bicara” ini dilangsungkan di Omah Jawi Kaliurang mulai dari tanggal 19-21 Mei 2017 dan diikuti oleh 30 orang.

Mekanisme pendaftaran pesertanya dilakukan secara sederhana, yakni , peserta melakukan pendaftaran di sekret STUBE HEMAT Yogyakarta atau menghubungi Contact Person yang sudah disebarkan melalui poster dan berbagai postingan stube hemat di media sosial STUBE HEMAT.

Dalam pelaksanaan Pelatihan kali ini, koordinator program, Indah Siahaan, mengungkapkan rasa bangganya terhadap TIM STUBE HEMAT dan peserta.

“Saya bangga dengan TIM dan peserta yang sudah mau bekerja sama sehingga pelatihan dapat terselenggara dengan lancar. Semoga ilmu yang didapat bermanfaat bagi peserta”, pungkas Siahaan.

Pada pelatihan ini , anggota diberi berbagai pemahaman tentang bagaimana berkomunikasi yang baik dan pesan kita tersampaikan.
Mulai dengan memperhatikan asumsi dan fakta, menghilangkan verbal grafity, berkomunikasi verbal dan non-verbal, serta tips menyatakan pendapat.

Adapun simulasi debat calon presiden diadakan dengan melibatkan semua peserta pelatihan agar lebih mudah meyerap dan mempraktekan materi yang sudah di dapat.

Tim STUBE HEMAT dalam agenda pelatihan kali ini mengharapkan peserta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam hal tata berbicara dan mampu mengungkapkan pendapat secara lugas dan efektif.

TIM STUBE HEMAT juga menegaskan bahwa dengan kemampuan komunikasi yang baik peserta bisa menyuarakan ketidakadilan dan fenomena sosial yang ada di negara kini. (Alfret Nabal/AT/KbN)

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password