breaking news New

Mengenang Tragedi UNAS 2008, Lambang Perjuangan Melawan Penindasan

Jakarta, Kabarnusantara.net – Pada 9 (sembilan) tahun silam, tepatnya tanggal 23-24 Mei 2008, telah terjadi tindakan reprepsif yang dilakukan oleh aparat kepolisian terhadap mahasiswa unas yang menyebabkan 1 orang meninggal dunia.

Peristiwa tersebut menyusul aksi demonstrasi mahasiswa yang pada saat itu menolak kebijakan pemerintahan menaikkan harga BBM.

Memperingati peristiwa tersebut, mahasiswa Universitas Nasional Jakarta melakukan aksi demonstrasi menuntut pihak kampus untuk mengaktifkan kembali organisasi dan unit kegiatan mahasiswa yang telah dibekukan selama 3 tahun terakhir.

Aksi tersebut berlangsung di depan gedung rektorat selama dua hari, pada 23-24 Mei 2017. Aksi hari pertama berlangsung damai dan lancar. Namun, mahasisiwa belum puas dengan respon pihak kampus, karenanya mereka akan kembali melakukan aksi pada Rabu, 24 Mei 2017.

Mahasiswa menilai, kondisi kampus unas sekarang sangat memprihatinkan karena pembekuan terhadap semua organisasi kemahasiswaan, mulai dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sampai pembekuan Senat Fakultas. Akibatnya, mahasiswa semakin apatis dan ruang demokrasi di dalam kampus dibatasi.

Karena itu, Mahasiswa yang tergabung dalam Forum Keluarga Besar UNAS (KB UNAS), melakukan aksi damai yang disertai dengan ajakan penandatanganan petisi kepada seluruh mahasiswa unas untuk menyepakati tuntutan yang disampaikan.

Menurut Koordinator Aksi, JP, menyampaikan bahwa tanda tangan tersebut menunjukan bahwa mahasiswa mendukung upaya KB UNAS supaya organisasi kampus diaktifkannya kembali. Selain itu, kata dia, tanda tangan juga menandakan bahwa mahasiswa menuntut hak-haknya.

Aksi yang diikuti ratusan mahasiswa tersebut, menuntut beberapa hal yang tertuang dalam tuntutan tertulis, yaitu:

1. Pihak Kampus harus mengaktifkan kembali UKM & SEMA.
2. Pihak Kampus harus menjunjung tinggi demokrasi di kampus
3. Pengelolaan dan penggunaan dana mahasiswa harus transparan.
4. Meningkatkan fasilitas dalam kampus
5. Mempercepat pembangunan fasilitas, gedung, sarana dan prasarana pendidikan.
6. Menolak komersialisasi pendidikan di universitas nasional.
7. Melegalkan aktivitas akademik.

Kelaurga Besar Universitas Nasional (KB UNAS)

3 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password