breaking news New

Gandut Bantah Tudingan Ahang bahwa Dirinya Melakukan Pungli di DPRD Manggarai

RUTENG, Kabarnusantara.net – Wakil Ketua DPRD Manggarai, Simprosa Rianasari Gandut alias Osy Gandut membantah tudingan Marselinus Nagus Ahang alias Marsel Ahang, bahwa dirinya telah melakukan pungutan liar (pungli) di lembaga DPRD Kabupaten Manggarai.
Hal itu disampaikan Osy Gandut dalam keterangan persnya kepada sejumlah awak media di Ruteng, Selasa, 23 Mei 2017 di ruang kerjanya di Kantor DPRD Kabupaten Manggarai di Ruteng.
“Tudingan yang disampaikan saudara Marsel Ahang bahwa saya melakukan pungli di lembaga DPRD Manggarai itu tidak benar dan tidak sesuai fakta,” ujarnya.
Menurut Gandut, laporan Marsel bahwa dirinya melakukan pungli sama sekali tidak berdasar, apalagi Marsel tidak dapat menunjukkan bukti secara obyektif.
“Saya mau tegaskan bahwa tidak ada pungli di lembaga DPRD Manggarai. Apalagi ini lembaga terhormat. Saya juga selaku Wakil Ketua DPRD tidak pernah melakukan pungli kepada siapa pun, termasuk kepada saudara Marsel Ahang,” ungkapnya tegas.
Namun, dirinya tak menampik bahwa ia pernah melakukan penggalangan dana dalam rangka perayaan HUT Kartini pada 21 April 2017 lalu.
“Benar bahwa saya pernah melakukan penggalangan dana menjelang HUT Kartini 21 April 2017 lalu. Bahkan saudara Marsel Ahang bersama sejumlah teman anggota DPRD lainnya turut memberikan sumbangan secara sukarela dan tanpa paksaan sama sekali. Kebetulan waktu itu, saya Ketua Panitianya,” ungkap Osy yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai itu.
Beliau (Marsel Ahang) dan sejumlah anggota DPRD lainnya, kata Osy, turut memberikan sumbangan pada kegiatan HUT Kartini tersebut sebesar Rp 500.000.
“Bahkan Beliau (Marsel Ahang, red.) menyatakan kesanggupannya untuk memberi sumbangan bagi kegiatan HUT Kartini sebesar lima ratus ribu,” ujarnya.
Dikatakan Osy, Marsel ketika itu mengatakan,”Kaka, lima ratus ribu saya punya, untuk kaka punya kegiatan. Potong saja di bendahara”.
Karena itu, ungkap Osy, ia memberi catatan ke bendahara untuk memotong uang perjalanan Marsel.
Lebih lanjut dikatakannya, tidak hanya Marsel yang secara suka rela menyatakan kesanggupannya membantu kegiatan HUT Kartini itu. Ada sejumlah anggota DPRD yang turut berkontribusi diantaranya Flavianus Soe sebesar Rp 500.000, Paulus Peos sebesar Rp 500.000, dan Fabianus sebesar Rp 200.000.
“Saya kaget sekali sampai saudara Marsel menuding saya telah melakukan pungli. Sementara penggalangan dana itu jelas tak ada unsur paksaan dan sifatnya suka rela,” ujarnya lagi.
Mendukung pernyataan Osy terkait sumbangan suka rela untuk HUT Kartini itu, Anggota DPRD Manggarai lainnya, Flavianus Soe mengatakan benar bahwa ada penggalangan dana yang dilakukan Osy Gandut menjelang HUT Kartini 21 April 2017 lalu.
“Yah, ada penggalangan dana menjelang HUT Kartini. Dan saya memberikan langsung kepada panitia sejumlah lima ratus ribu dari kantong pribadi saya. Saya berikan sumbangan itu secara suka rela tanpa paksaan,” ujar Soe.
Hal yang sama disampaikan Anggota DPRD Manggarai lainnya, Fabianus Abu.
“Saya memberikan sumbangan secara langsung kepada ibu Osy sebesar dua ratus ribu. Tidak ada unsure pemaksaan. Dan buktinya nilai sumbangan yang diberikan itu berbeda-beda sesuai kemampuan kita. Itu kan bentuk penghormatan saya kepada kaum ibu yang memperjuangkan hak mereka layaknya Ibu Kartini,” ujar Fabianus.
Perjalanan Dinas Partai Tidak Dibenarkan Menggunakan Uang APBD
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan kabarnusantara.net, perjalan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Marselinus Nagus Ahang ke Denpasar untuk kepentingan kegiatan Partai PKS.
Terkait itu, Osy Gandut mengatakan dirinya tidak mengetahui secara pasti apa tujuan perjalanan dinas Marsel Ahang. Ia juga mengakui bahwa selaku pimpinan DPRD, dirinya tidak mengetahui secara pasti kegiatan apa yang diikuti Marsel Ahang, apakah kegiatan partai atau kegiatan DPRD Manggarai.
Saat ditanya wartawan apakah dibenarkan kegiatan partai dapat menggunakan anggaran daerah, Gandut menegaskan tidak dibenarkan perjalanan dinas partai menggunakan anggaran daerah.
Pada keterangan persnya itu, Gandut didampingi pengacaranya Yance Janggat,SH.
Kepada wartawan, Yance mengatakan akan segera melapor balik saudara Marsel Ahang atas tudingannya yang mengatakan bahwa kliennya Simprosa Rianasari Gandut telah melakukan pungli di lembaga DPRD Manggarai.
“Klien saya telah difitnah saudara Marsel Ahang dengan tudingan melakukan pungli. Akan tetapi kami akan focus dulu pada laporan awal,” tandas Yance. (Alfan Manah/KbN)
<

2 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password