breaking news New
Foto: M. Imdadun Rahmat, Ketua Komnas HAM

Komnas HAM, Tindakan Persekusi: Melanggar Prinsip Negara Hukum

Jakarta, Kabarnusantara.net- Komisioner Komnas HAM, M. Imdadun Rahmat ikut menanggapi meluasnya persekusi yang sedang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini.

Apalagi persekusi atau tindakan sewenang-wenang yang dilakukan kelompok MCA dan anggota FPI terhadap orang-orang yang dianggap menghina agama dan ulama.

Tindakan persekusi, menurut Imdadun melanggar hak atas kemerdekaan berpendapat dan melanggar prinsip negara hukum.

Dan untuk melindungi para target maupun korban persekusi, aparat negara dalam hal ini Polri perlu mengambil tindakan proaktif.

“Polri harus sigap dan tegas dalam penegakan hukum terhadap pelakunya, sebab dalam perspektif Hak Asasi Manusia (HAM) persekusi adalah delik umum yang tidak perlu menunggu pengaduan,” pungkasnya.

Sementara itu, ia menambahkan, masyarakat harus menghargai dan mendukung upaya pemerintah dalam mengambil tindakan terhadap akun media sosial yang terlibat dalam persekusi ini.

Karena itu ia mengajak untuk menghargai upaya Polri yang untuk beberapa kasus persekusi bertindak benar, tepat dan cepat dan mendukung Polri lebih sigap dan tepat terhadap kasus persekusi yang lain.

“Saya berharap kepada masyarakat agar menempuh jalur hukum dan tidak melakukan persekusi dan main hakim sendiri jika terdapat dugaan penghinaan terhadap seseorang,” tutupnya. (KbN).  

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password