breaking news New
Ket Foto. Operasi Pasar atau Gerakan Stabilisasi Pangan di Kelurahan Pau, Ruteng , Manggarai.

Stabilkan Harga Pangan, Bulog Ruteng dan Polres Manggarai Gelar GSP

RUTENG, Kabarnusantara.net – Dalam rangka menstabilkan harga pangan di Bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 2017, Bulog Sub Divre Ruteng bersama Polres Manggarai menggelar operasi pasar yang disebut Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP).

Pantauan Kabarnusantara.net, Sabtu, 3 Juni 2017, Bulog Ruteng dan Polres Manggarai mulai menggelar operasi pasar di Kelurahan Pau, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

Tampak warga Kelurahan Pau dan sekitarnya berbondong-bondong mendatangi Kantor Kelurahan Pau. Mereka terlihat antusias membeli beras dan gula yang harganya jauh lebih murah dari harga pasaran.

Dalam waktu kurang lebih dua jam, Gula 500 kilogram habis terjual. Sementara itu, beras hanya terjual 100 kilogram.

Operasi pasar dimulai sejak pukul 09:00 WITA dan berakhir pada pukul 11:00 WITA.

Pangan yang dioperasikan pada hari pertama adalah beras dan gula.

Beras dengan kualitas komersil premium dijual per kilogram seharga Rp. 8.150. Sementara di pasaran harganya berkisar antara Rp 10.000 sampai Rp. 11.000.

Sementara Gula dijual seharga Rp 12.500 per kilogram. Di pasaran, Gula kini dijual dengan kisaran harga Rp 15.000 hingga Rp 17.000 per kilogram.

Kepala Bulog Sub Divre Ruteng, Aceng Nurdin mengatakan Gerakan Stabilisasi Pangan merupakan gagasan dari Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Gerakan ini, kata Aceng, digagas untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan di Bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran 2017.

“Gerakan ini akan terus dilakukan selama Bulan Ramadhan di Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur. Hari ini kami memulai di Kelurahan Pau, Kabupaten Manggarai dan Mukun di Kabupaten Manggarai Timur,” ujarnya.

Dengan adanya gerakan ini, harga pangan yang cenderung naik di Bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Lebaran, bisa dikendalikan pemerintah.

Aceng juga mengapresiasi dukungan yang sangat besar yang diberikan Kapolres Manggarai dan jajarannya.

“Gerakan Stabilisasi Pangan kali ini melibatkan Polres Manggarai. Saya mengapresiasi niat baik Kapolres Manggarai yang mendukung penuh gerakan ini,” ujarnya sumringah.

Sementara itu, Kapolres Manggarai, AKBP Marselis Sarimin menegaskan komitmen Polres Manggarai untuk turut mendukung Gerakan Stabilisasi Pangan.

“Bersama Bulog, kami berkomitmen menjaga pasokan pangan agar tidak terjadi kelangkaan pangan di Bulan Ramadhan ini. Demikian pun dari sisi harga, bisa dikendalikan,” pungkasnya. (Alfan Manah/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password