breaking news New
Anastasia Celine Terisno (kedua dari kiri) diapiti oleh para Guru pembimbingnya

Siswa SMP Immaculata Ruteng Ini Mewakili NTT di Olimpiade Sains Nasional 2017

RUTENG, Kabarnusantara.net – Anastasia Celine Terisno, siswa kelas VIII SMP Immaculata Ruteng berhasil meraih Juara 1, Olimpiade Sains Matematika Tingkat Provinsi NTT. Celine, begitu ia disapa, mewakili Kabupaten Manggarai dalam Olimpiade Sains tingkat Provinsi NTT itu. Ia mampu mengalahkan para pesaingnya dari 22 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT.

Kepada Kabarnusantara.net, Sabtu, 3 Juni 2017, di SMP Immaculata Ruteng, Celin, begitu ia disapa, mengatakan ada bimbingan yang intens dari guru dan juga orang tuanya di rumah. Ia juga dibekali buku-buku pelajaran Matematika oleh guru-gurunya.

Celine adalah putri pertama dari pasangan Vinsensius Reni Terisno dan Valeria Vera Jutia Ningrum. Sejak kecil sangat menyukai Matematika. Sebelumnya, Celine pernah menjuarai Olimpiade Sains Matematika yang diselenggarakan STKIP Santu Paulus Ruteng. Ketika itu, ia mewakili SMP Immaculata Ruteng dan meraih juara II.

Saat ditemui Kabarnusantara.net di sekolahnya, Celine secara singkat, padat dan lugas menjawab setiap pertanyaan wartawan Kabarnusantara.net. Oleh guru-gurunya, ia dikenal sebagai anak yang rajin, kutu buku dan bicara seperlunya.

“Saya bangga bisa mengharumkan nama sekolah dan Kabupaten di tingkat Provinsi. Saya yakin bisa memberikan yang terbaik. Walaupun sebetulnya saya tidak percaya saat mendapat kabar bahwa saya juara di tingkat Provinsi,” ujarnya tersenyum.

Guru pembimbing Celin untuk pelajaran Matematika di Kelas VIII, Engelbertus Zakarias Nggiring, S.Pd, mengatakan dirinya tidak sendiri membimbing Celin. Ia bersama dua Guru Mata Pelajaran Matematika lainnya, Karel dan Ensa, secara bergantian membimbing Celin setiap hari Sabtu di sekolah.

“Sebelum Celin mengikuti Olimpiade Sains Matematika tingkat Provinsi NTT, ia mengikuti tahapan perlombaan Olimpiade Sains Mata Pelajaran Matematika untuk tingkat Kabupaten Manggarai. Celin pun berhasil mengalahkan para pesaingnya dari perwakilan 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai dan ia pun meraih Juara 1,” kata Engelbertus.

Tak berhenti di situ, Celin kemudian menjadi perwakilan Kabupaten Manggarai dalam Olimpiade Sains Matematika tingkat Provinsi NTT di Kupang. Lagi-lagi Celin mengerahkan segala kemampuannya dan berhasil meraih Juara 1 Olimpiade Sains Matematika Tingkat Provinsi NTT dengan mengalahkan 22 pesaing lainnya yang berasal dari 22 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi NTT.

Saat ditanya terkait model bimbingan belajar yang dilakukan pihak sekolah pada masa persiapan sebelum Olimpiade Sains dilaksanakan, Engelbertus mengatakan pihaknya menetapkan jadwal bimbingan pada setiap hari Sabtu.

“Setiap Sabtu, kami membimbing para siswa yang punya kemampuan dan minat yang tinggi di Bidang Studi Matematika. Tidak hanya Celine yang dibimbing. Setelah melalui proses seleksi yang ketat di tingkat sekolah, Celine pun diputuskan layak mewakili sekolah mengikuti Olimpiade Sains. Dan Celine pun membuktikan bahwa dirinya mampu mengharumkan nama sekolah hingga Juara 1 di tingkat Provinsi,” ujar Engelbertus sumringah.

Dengan prestasinya itu, Celine tidak hanya mengharumkan nama sekolahnya, namun juga telah mengharumkan nama Kabupaten Manggarai di Provinsi NTT. Engelbertus pun berharap, Celine kembali mengukir prestasi terbaik di ajang Olimpiade Sains tingkat Nasional.

Menurut Engelbertus Celine akan mengikuti Olimpiade Sains Matematika Tingkat Nasional di Pekanbaru, Riau pada 2 – 8 Juli 2017 mendatang. Celine mewakili Provinsi NTT pada ajang bergengsi Olimpiade Sains Nasional itu.

“Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing,” pungkas Engelbertus.

Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswa terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

OSN 2017 akan dilaksanakan di Pekanbaru, Provinsi Riau. Pelaksanaannya terdiri dari OSN tingkat SD, SMP dan SMA. Mata Pelajaran yang dilombakan untuk tingkat SD yaitu Matematika dan IPA. Sedangkan Mata Pelajaran SMP yang dilombakan ada 3 bidang, yaitu Matematika, IPA dan IPS. Sementara untuk SMA, ada 10 bidang yang dilombakan, diantaranya, Matematika, Fisika, Kimia, Komputer/Informatika, Biologi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi, Geografi dan Dunia Kenegaraan. (Alfan Manah/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password