breaking news New

Hendak Pasarkan Ayam Pedaging, Mobil Pick Up Ini Ditahan Petugas Peternakan

RUTENG, Kabarnusantara.net – Petugas Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT akhirnya berhasil menahan Mobil Pick Up yang hendak memasarkan Ayam Pedaging di Kota Ruteng pada Kamis (8/6/2017) di Kelurahan Redong, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai.

Pantauan Wartawan Kabarnusantara.net, Mobil Pick Up ini berasal dari Kabupaten Nagekeo, Propinsi NTT yang memuat 250 ekor Ayam Pedaging. Mobil ini bernomor polisi W. 9020 NQ.

Saat diwawancarai oleh media ini pada Kamis (8/6/2017) di Kantor Dinas Peternakan, Kepala Dinas (Kadis) Peternakan Kabupaten Manggarai, Dan Konstantinus mengatakan Mobil Pick Up yang telah ditahan adalah mobil yang tidak mengikuti prosedur teknis dalam hal memasarkan sesuatu dari daerah satu ke daerah lain.

Mobil ini, lanjut Dan, tidak memiliki ijin resmi dari Dinas Peternakan Kabupaten asal berupa surat rekomendasi.

“Berdasarkan ketentuan setiap penjual yang hendak memasarkan barangnya ke daerah lain harus mempunyai rekomendasi dari Dinas Peternakan Daerah asal ke Dinas Peternakan Daerah tujuan beserta tembusan Kepala Daerah, dalam hal ini Bupati” jelas Dan.

Lebih lanjut Dan mengatakan bahwa Mobil ini pernah ditahan pada 24 Mei 2017 lalu di Kota Ruteng karena tidak mengikuti prosedur teknis.

“Ini kali kedua Petugas Peternakan menahan mobil yang sama, penjual yang sama serta melakukan pelanggaran yang sama” ungkap Dan.

Selain pelanggaran yang sama, sambung Dan, mobil ini dan penjual ini telah melanggar regulasi daerah yang termuat dalam Peraturan Bupati Manggarai (Perbup) No.13 Tahun 2016 tentang Pengawasan, Pemasukan dan Pengeluaran Hewan dan Bahan Asal Hewan di Kabupaten Manggarai.

“Kami sudah melihat regulasi Daerah yang secara hukum telah menguatkan kami selaku lembaga Eksekutif untuk menahan mobil ini” lanjutnya.

Konstantijus Dan juga mengatakan bahwa Penjual yang telah ditahan Petugas Peternakan berjumlah 3 orang, yakni Oktavianus Senda Wajo (21), Wihelmus Wago (24) dan Vian (20).

Di sela-sela Wawancara, Kadis Peternakan, Petugas Peternakan dan Wartawan yang hadir terkejut ketika Dokter Hewan dipanggil oleh Kadis Peternakan untuk memaparkan hasil pemeriksaan Ayam Pedaging yang dimuat Mobil Pick Up tersebut.

Dalam pemaparan hasil pemeriksaan, Dokter Hewan mengatakan bahwa Ayam Pedaging yang dimuat Mobil Pick Up ini mengidap penyakit CRD.

Penyebab CRD ini adalah, lanjut Dokter Hewan, Mikoplasma sejenis bakteri yang ada dalam tubuh Unggas itu sehingga Unggas itu mengalami gangguan pada sistem pernapasan.

“Kalau ini dibiarkan maka dapat menular ke Unggas yang sehat bahkan tidak menutup kemungkinan menular ke Manusia yang mengkonsumsinya” jelas Dokter Hewan (Berto Davids/Kbn).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password