breaking news New
Ket Foto: Bupati Manggarai, Kamelus Deno (pegang alat pancing), didampingi Anggota DPRD, Adrianus Suhardi di Embung Wae Peca

Embung Wae Peca Hendak Dijadikan Objek Wisata Mancing

RUTENG, Kabarnusantara.net – Mimpi besar Sang Ketua Yayasan Panti Asuhan Sesamamu, Pater Yakobus Modho, SVD untuk menjadikan Embungnya sebagai objek wisata mulai terwujud setelah Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH.,MH meresmikan Embung itu pada Jumat (9/6/2017), Pukul 09.00 waktu setempat, di Kampung Wae Peca, Desa Lalong, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT.

Berkat kegigihan dan tangan dingin Pater Yakobus, Embung Wae Peca pun berhasil dibangun dengan konsep wisata air di tengah suasana pedesaan nan asri.

Usaha sukses Pater Yakobus berawal dari keinginannya yang kuat untuk menjadikan Panti Asuhan Wae Peca mandiri dalam hal pembiayaan panti. Niat luhur disertai kerja keras itu pun membuahkan hasil yang pada akhirnya membawah berkat.

Embung ini dapat menunjang kegigihan dirinya dalam menghidupkan panti dan anak-anak panti.

Sekalipun dirinya tak menampik bahwa pihak panti tetap mengharapkan dukungan dan uluran tangan dari semua pihak terutama pemerintah.

Pantauan Kabarnusantara.net, Embung itu terletak di bagian Timur Kampung Wae Peca atau sekitar 1 kilometer dari Panti Asuhan Sesamamu Wae Peca.

Dari pusat Ibu Kota Kabupaten Manggarai di Ruteng, dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Embung Wae Peca.

Saat diwawancarai Kabarnusantara.net pada Jumat (9/6/2017) di sela-sela kegiatan peresmian, Pater Yakobus mengatakan walaupun belum banyak orang mengetahui Embung Wae Peca sebagai tempat rekreasi dan wisata mancing, pihaknya tetap saja menjadikan Embung itu sebagai tempat wisata.

“Sejak awal, saya hendak menjadikan Embung ini sebagai tempat wisata dan rekreasi. Dan niat itu sudah saya sampaikan di hadapan Bupati Manggarai setelah kegiatan peresmian tadi” kata Pater Yakobus.

“Pada saat itu juga Bupati Manggarai menyetujui keinginan saya itu,” lanjut Pater Yakobus.

Tampak beberapa bangunan pendukung berupa pondok bambu nan eksotis sedang dibangun di sekitar embung itu. Pater Yakobus berkeinginan agar bentuk bangunan pendukung dibuat permanen.

Selain dibuat permanen, sambung Pater Yakobus, tempat rekreasinya itu dibuat pintu masuk yang lengkap dengan loket karcis masuk bagi para pengunjung.

“Uang karcis masuknya kita bisa gunakan untuk pembangunan panti” ungkap Pater Yakobus.

Di tempat rekreasi itu, pihaknya juga berkeinginan untuk membuat tempat pancing Ikan bagi para pengunjung.

“Mudah-mudahan pihak terkait dapat mendukungnya serta memberikan sumbangsih,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus menyampaikan apresiasinya atas inisiatif brilian pihak Panti Asuhan Wae Peca dalam membangun embung.

Karena itu, pemerintah daerah siap mendukung upaya Panti Asuhan dalam membangun kemandiriannya.

Apalagi, ujar Bupati Deno, selain sebagai tempat rekreasi, air Embung Wae Peca dimanfaatkan warga sebagai sumber air bagi budi daya sayur-mayur dan ternak. (Berto Davids/Alfan/KBN)

<

1 Comment

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password