breaking news New
Camat Reok Barat, Karolus Jun.

Ini 6 Desa di Kecamatan Reok Barat yang Belum Menikmati Listrik

RUTENG, Kabarnusantara,net – Dari 10 desa yang ada di Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT, 6 desa diantaranya belum dialiri listrik. Bahkan jaringan listrik ke 6 wilayah desa itu pun belum terpasang. Enam desa itu antara lain, Desa Paralando, Lemarang, Nggalak, Lante, Loce dan Desa Torong Koe.

Hal itu disampaikan Camat Reok Barat, Karolus Jun, Sabtu, 10/6/2017, di hadapan Bupati Manggarai, Kamelus Deno pada kegiatan “Berkantor di Desa” di Piso, Desa Paralando, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai.

Camat Jun pun menyampaikan harapannya kepada Bupati Deno agar percepatan pembangunan jaringan listrik ke wilayah itu dapat dilakukan pada Tahun 2017 ini.

Menjawab usulan itu, Bupati Manggarai, Kamelus Deno mengatakan jika tidak ada kendala berarti jaringan listrik dari Desa Robek di Kecamatan Reok menuju Desa Paralando hingga Desa Lemarang di Kecamatan Reok Barat akan tuntas dibangun Tahun 2017.

Menurut Deno, Pemerintah Kabupaten Manggarai dan pihak PLN berkomitmen desa berlistrik akan mencapai 100% di tahun 2019. Untuk itu, ungkapnya, di Tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Manggarai mendukung program PLN dengan mencanangkan program 1000 meteran gratis bagi rumah tangga miskin.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PLN agar di tahun 2017, jaringan listrik Ruteng-Reo sudah terbangun. Apalagi kondisi Mesin Pembangkit Listrik di Reo sudah tidak lagi berfungsi maksimal dan sering mengalami kerusakan.

Deno juga menegaskan agar Camat dan Kepala Desa proaktif mendata semua desa yang belum terpasang jaringan listrik, berapa rumah tangga di situ dan data juga desa yang sudah terpasang jaringan listrik tetapi belum ada meteran di rumah-rumah warganya.

“Kemudian ada program pemasangan listrik gratis 1000 rumah tangga yang sangat miskin. Tahun 2016 sudah dilaksanakan dan Tahun 2017 ini akan terus kita kerjakan,” ujar Deno.

Dalam konteks peningkatan elektrifikasi, pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak PLN untuk Program 100% Desa Berlistrik di Tahun 2019.

“Di Tahun 2017, bersama PLN, kita akan membangun jaringan listrik ke 32 Desa. Di Tahun 2018, 56 desa. Sehingga 88 desa yang sampai hari ini belum teraliri listrik, itu diharapkan tuntas di tahun 2019,” ujarnya.

Lebih lanjut Deno mengatakan, target 100% desa berlistrik juga merupakan perintah Presiden kepada BUMN. Apalagi program ini didukung Pemerintah Kabupaten Manggarai.

“Oleh karena itu, berkaitan dengan program strategis di atas, saya minta perhatian khusus pihak Dinas Perumahan Rakyat agar terus berkoordinasi dengan PLN bahwa harus dipastikan program itu dilaksanakan tepat sasaran dan sungguh efektif untuk menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Manggarai ini secara konkrit,” tandasnya.

Pantauan Kabarnusantara,net, kegiatan Berkantor di Desa itu dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai, Yenny Veronika Deno, Wakil Bupati Manggarai, Viktor Madur, seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai, Camat Reok Barat, Karolus Jun, dan seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Reok Barat. (Alfan Manah/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password