breaking news New
Suasana dialog di DPRD

Kecewa Dengan Hasil Tes, Belasan Staf Desa Datangi Komisi A DPRD

Ruteng, Kabarnusantara.net – Sekitar belasan orang Staf Desa dari Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT datangi komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manggarai pada Rabu (5/7/2017), sekitar Pukul 10.30 Wita. Mereka kecewa dengan hasil tes uji kompetensi yang diumumkan pada Senin (3/7/2017) lalu di Kantor Camat Cibal.

Disaksikan langsung oleh Wartawan kabarnusantara.net para Staf Desa yang mendatangi komisi A DPRD ini berasal dari 4 Desa di Kecamatan Cibal, yakni Desa Gapong, Desa Lando, Desa Kentol dan Desa Wudi, masing-masing lengkap dengan juru bicara. Mereka hendak beraudiens langsung dan menyampaikan aspirasi terkait hasil tes yang terkesan nepotisme dan tidak sesuai prosedural.

Hadir pada kesempatan itu Ketua komisi A beserta anggotanya dan anggota DPRD lainnya. Turut hadir asisten 1 Bupati Manggarai, Kepala Badan BPMD dan Kepala Badan Kesbangpol.

Dalam audiens yang berlangsung penuh emosional itu, Ketua komisi A memberikan kesempatan kepada setiap juru bicara dari masing-masing Desa untuk menyampaikan keluhan atau aspirasi Mereka.

Juru bicara Desa Gapong, Adrianus Jemali yang diberi kesempatan pertama untuk membuka pembicaraan mengatakan kepada komisi A bahwa maksud kedatangan para Staf Desa ini adalah ingin mengadu terkait pengumuman hasil tes yang sudah terkesan memihak dan tidak sesuai prosedur.

Tes yang diuji, lanjut Adrianus, adalah tes wawancara dan tes komputer.

“Kami menilai tidak ada transparan dalam pemberian nilai, penetapan nilai dan pengumuman nilai oleh tim penyeleksi Desa dan tim Kecamatan” kata Adrianus.

“Selain itu penetapan perangkat Desa juga tidak sesuai prosedural” ungkap Adrianus.

“Hal ini dibuktikan dalam dugaan Kami yakni Camat Cibal dan tim penyeleksi melakukan konspirasi sebelum nilai diumumkan” tutur Adrianus.

“Bayangkan seorang Sopir yang baru mengikuti tes diberi nilai baik, padahal dalam peroses tes wawancara dan tes komputer Sopir itu tidak bisa menjawab apa-apa, sedangkan Kami yang berdarah-darah mengurus Desa sejak lama tidak diluluskan” jelas Adrianus sembari memukul meja.

“Ini kan aneh” ungkapnya heran.

Hal senada dikemukakan oleh juru bicara Desa Lando, Ferdinandus Konceng yang diberi kesempatan kedua untuk menyampaikan aspirasinya.

“Lebih parahnya lagi orang yang tidak ikut tes diberi nilai dan diluluskan” ujar Ferdinandus.

“Kami menilai ada permainan antara Desa dan Kecamatan dalam kegiatan ini” kata Ferdinandus.

Juru bicara Desa kentol dan Desa Wudi yang diberi kesempatan berikutnya juga menyampaikan hal serupa.

Lebih lanjut dalam kesempatan audiens yang dipimpin langsung oleh Ketua komisi A itu, para Staf Desa menyampaikan beberapa pernyataan sikap, yakni:

  1. menolak hasil tes dan penyeleksian calon perangkat Desa.
  2. Melakukan tes ulang.
  3. Mendesak lembaga legislatif dan eksekutif untuk segera memanggil Camat Cibal.
  4. Mendesak Camat Cibal dan tim penyeleksi nilai di Desa agar lebih transparan.

Semua aspirasi dan seluruh pernyataan sikap dari para Staf Desa itu langsung ditanggap oleh Kepala Badan BPMD pada waktu dan tempat yang sama.

Ia mengatakan bahwa berdasarkan surat dari para Staf Desa yang sudah masuk ke lembaga eksekutif serta aspirasi dan pernyataan sikap pada hari ini, maka lembaga eksekutif akan segera turun langsung ke lapangan.

Ingat bahwa, sambung Kepala BPMD, untuk sementara keputusan Camat Cibal dalam mengumumkan hasil tes tetap dinyatakan sah secara hukum karena Camat merupakan perpanjangan tangan dari lembaga eksekutif.

“Sah dan tidaknya keputusan itu akan terjawab pada saat lembaga eksekutif melakukan verifikasi, rekam lapangan dan evaluasi sesuai aspirasi Kalian” jelasnya dengan penuh mimik.

“Kami juga sudah sampaikan ini ke Bupati Manggarai, dalam waktu dekat akan ada keputusan darinya karena ini berkaitan dengan Perbup” tutur Kepala BPMD.

Pada kesempatan yang sama Asisten 1 Bupati Manggarai, Frans Kakang menegaskan bahwa semua pihak terkait, terutama komisi A akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan verifikasi data demi kebenaran yang sah.

“Setelah ini Saya akan berdiskusi langsung dengan Bupati” tegas Frans (Berto Davids/Kbn).

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password