breaking news New

Kemenhub Keluarkan Anggaran 48,48 Triliun Tahun 2018

Kantor Kementerian Perhubungan RI

Jakarta, Kabarnusantara.net-Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuat pagu anggaran sebesar Rp. 48,48 triliun pada tahun 2018 . Jumlah pagu yang dianggarkan tersebut lebih tinggi dibanding tahun ini, yakni senilai Rp 46,1 triliun.

Pembiayaan proyek infrastruktur yang sudah jalan menjadi faktor mendasar kenaikan jumlah pagu tersebut. Hal ini diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, alokasi anggaran paling banyak disasarkan ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapiaan sebesar Rp 17,59 triliun.

“Ditjen yang paling banyak alokasinya adalah Kereta Api karena banyak sekali inisiatifnya dan kami memang di kereta api itu membutuhkan anggaran yang relatif lebih, seperti buat LRT (light rail transit), MRT (mass rapid transit), dan sarana-sarana lain,” terang Menhub Budi Karya saat Rapat Kerja dengan Komisi V di Komplek DPR, Jakarta, Rabu (5/7/17) kemarin.

Budi Karya menambahkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga mendapatkan kenaikan anggaran 2018 dari tahun ini Rp 11,5 triliun menjadi Rp 11,6 triliun. Ada banyak pelabuhan yang dibangun serta ada investasi di beberapa kapal perintis.

Selain itu, Ditjen Perhubungan Udara pada 2018 akan memperoleh anggaran sebesar Rp 9,14 triliun dan Ditjen Perhubungan Darat sebesar Rp 4,5 triliun. Anggaran Kemenhub juga dibagi-bagi untuk Ditjen lainnya yang ada di bawah kewenangan kementerian terkait.

Setidaknya ada pembangunan jalan kereta api sepanjang 730 kilometer. Selanjutnya, ada pembangunan pelabuhan laut di 15 lokasi dan penyelesaian 8 bandara baru. (KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password