breaking news New

450 Personil Gabungan Siap Amankan TdF di Jalur Manggarai dan Manggarai Timur

RUTENG, Kabarnusantara.net – Sebanyak 450 personil gabungan siap mengamankan rombongan Tim Tour de Flores (TdF) yang akan melewati wilayah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur. Hajatan berskala Internasional itu dijadwalkan akan melewati wilayah Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur pada Tanggal 17 dan 18 Juli 2017 mendatang.

Ini kali kedua personil gabungan mengamankan jalannya TdF setelah setahun sebelumnya, kedua wilayah kabupaten itu dijadikan tempat persinggahan para peserta ajang balap sepeda Internasional itu.

Demikian disampaikan Kapolres Manggarai, AKBP Drs. Marselis Sarimin Karong, M.Pd kepada Kabarnusantara.net, Kamis, 6 Juli 2017, tepatnya pukul 16:00 WITA, usai rapat Koordinasi Pengamanan TdF 2017 di Aula Rapat Mapolres Manggarai di Ruteng.

Pantauan Kabarnusantara.net, rapat itu dihadiri sejumlah pejabat dari Kabupaten Manggarai dan Manggarai Timur.

Dikatakannya, ada 450 personil gabungan yang disiagakan untuk mengamankan jalannya TdF 2017 di dua wilayah kabupaten itu.

“Sejak lama, kami telah saling membangun koordinasi dalam rangka pengamanan TdF, baik berupa rapat-rapat, surat tertulis, maupun koordinasi lisan,” imbuhnya.

“Ada 450 personil gabungan yang disiagakan. Diantaranya, TNI 30 personil, Polri 300 personil, Brimob 30 personil, SatpolPP 40 personil, dan Dishub 50 personil,” ujarnya lagi.

Lebih lanjut Marselis mengatakan personil gabungan yang telah disiagakan itu akan menjalankan tugasnya dari awal persiapan hingga pada waktu eksekusi dan evaluasi.

“Personil gabungan itu akan bertugas mengamankan jalur Kabupaten Manggarai Timur mulai dari perbatasan Ngada, hingga Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur. Dan selanjutnya akan menuju Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai,” tutur Marselis.

Selain itu, personil gabungan lainnya akan bertugas mengamankan jalur Kabupaten Manggarai, menuju perbatasan Manggarai Barat, tepatnya di Pang Lembor. Dan selanjutnya menjadi urusan personil gabungan Manggarai Barat yang menjadi wilayah tanggung jawab Kapolres Manggarai Barat,” lanjutnya

Dalam pengamanan tersebut, ujar Marselis, personil gabungan juga akan membangun posko penjagaan di sedikitnya 41 titik yang dianggap rawan terutama di pusat keramaian kampung.

Ada pun hal-hal yang perlu diantisipasi diantaranya hewan peliharaan yang berkeliaran, kendaraan yang sengaja melintas pada jalur balapan, orang gila yang menerobos masuk ke jalan, tanah longsor, material yang bertumpuk di jalur balapan, kumpulan warga yang turut menyaksikan dari dekat, dan jenis gangguan lainnya.

“Kami tidak mau TdF kali ini diwarnai hal-hal yang tidak diinginkan itu. Karena ini membawa nama baik daerah. Karena itu kami siap kawal ketat jalannya TdF. Sejauh ini persiapannya telah mencapai 75%,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolsek Borong, Say Nono Yohanes mengatakan pihaknya telah siaga menjalankan tugas pengamanan dengan menempatkan satu Perwira Polisi di setiap posko penjagaan.

Ia pun yakin, kesiapsiagaan pasukan pengamanan akan mampu menjaga berjalannya ajang balap sepeda berskala Internasional itu. (Berto Davids/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password