breaking news New

Gunakan Uang Pribadi, Jokowi Libatkan Keluarga Saat Kunjungan ke Turki dan Jerman

Jokowi Bersama Keluarga saat Kunjungan ke Turki dan Jerman

Jakarta, Kabarnusantara.net- kritik atas keikutsertaan keluarga Jokowi dalam kunjungan kerja Jokowi ke Turki dan ke Jerman kini mendapat jawaban dari dalam istana.

Pihaknya istana menyatakan bahwa keiikutsertaan keluarga Jokowi tidak membebani anggaran negara.

Presiden sudah memberikan arahan pada Winata Supriatna, Plt Kepala Sekretariat Presiden. Hal ini dibeberkan oleh Bey Machmudin, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

“Dalam arahan tersebut, Presiden menegaskan bahwa seluruh biaya perjalanan dan akomodasi anggota keluarga Presiden yang turut serta dalam perjalanan ke Turki dan Jerman mulai 5 sampai 9 Juli 2017 menjadi tanggungan pribadi Presiden,” ujar Bey dalam siaran pers, pada Minggu (9/7).

Dalam kunjungan tersebut, Pesiden Jokowi mengajak lima anggota keluarganya termasuk keluarga Gibran, putra sulung Jokowi. Selama penerbangan, hanya Presiden Jokowi dan Ibu Negara saja yang duduk di bagian kompartemen.

“Karena itu keberadaan anggota keluarga Presiden Jokowi tidak mengurangi kapasitas penumpang rombongan resmi Presiden,” ungkap Bey.

Demi efisien anggaran negara, termasuk pula untuk perjalanan dinas presiden, Jokowi telah menegaskan sejak dini hal tersebut.

“Perintah Presiden sangat jelas dan tegas untuk efektivitas dan efisiensi,” ujar Pratikno.

Salah satu contoh efisiensi seperti tidak perlu menyewa pesawat apabila dilakukan perjalanan ke Amerika Serikat. Selain itu, bisa juga memperkecil tim advance dan jumlah delegasi.

“Jumlah tim advance ke luar negeri juga dikurangi sampai 40 persen dan lebih mengoptimalkan peran Kedutaan Besar Republik Indonesia,” ucap Pratikno. (KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password