breaking news New
Foto: Antaranews.com

Hebat, Pembalap Sepeda Asal Indonesia Merajai Etape II Tour de Flores 2017

ENDE, Kabarnusantara.net – Pembalap Sepeda asal Indonesia, Muhammad Imam Arifin mampu merajai Etape II Tour de Flores 2017. Dalam rute Maumere – Ende yang berjarak 141,3 kilometer itu, pembalap bernomor punggung 84 itu finis dengan catatan waktu 4 jam, 2 menit, 18 detik.

Para pembalap itu memasuki kota Ende pada Etape II, Sabtu, 15/7/2017, dengan lokasi finis berada di depan Lapangan Tugu Pancasila, Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Mereka disambut Bupati Ende, Marselinus Y.W. Petu bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan ribuan warga kota Ende yang memadati lokasi finish Etape II itu.

Imam Arifin, pembalap didikan KFC Cycling Team Indonesia itu menjuarai Etape II setelah berhasil melewati berbagai rintangan sepanjang perjalanan dari Maumere ke Ende. Ada pun jarak tempuh rute itu sepanjang 142,8 kilometer.

Imam Arifin kepada sejumlah awak media mengatakan ini sesuatu yang luar biasa baginya.

“Ini sesuatu yang luar biasa. Saya senang sekali. Namun keberhasilan ini mampu kami raih berkat perjuangan bersama rekan-rekan di KFC Cycling Team.

Ia pun bertekad meraih prestasi gemilang pada empat Etape tersisa.

Selain itu, posisi kedua diraih Nick Miller, seorang pembalap sepeda asal Selandia Baru dari Futuro Pro Cycling Team Australia.

Sementara Posisi ketiga diraih pembalap sepeda asal Filipina, Marcelo Felipe dari 7 Eleven Cycling Team Filipina.

Posisi keempat diraih Thomas Lepas asal Perancis yang tergabung dalam Kinan Cycling Team Jepang. Hebatnya lagi, pembalap peringkat satu sampai empat berhasil mencapai titik finish pada waktu bersamaan yaitu 4 jam, 2 menit 18 detik.

Sedangkan peringkat kelima diraih Crawford Jai dari Kinan Cycling Team dengan catatan waktu 4 jam, 2 menit, 20 detik.

Pembalap bernomor punggung 142 itu berhasil meninggalkan pesaingnya di peringkat keenam, Ewart Jesse dari 7 Eleven Cycling Team dengan catatan waktu 4 jam, 7 menit, 26 detik.

Pada Etape pertama Larantuka – Maumere terdapat tiga titik sprint dan dua titik King of Mountain (KOM). Sedangkan pada Etape kedua ini lebih dominan dengan tanjakan. Empat titik KOM harus dilalui oleh semua pembalap.

Pada kilometer 9,2, tepatnya di Nita, KOM pertama dengan ketinggian 269 meter di atas permukaan laut (mdpl). KOM kedua di kilometer 28,9, tepatnya di Nirang Kliung yang berada pada ketinggian 310 mdpl. KOM pertama dan kedua itu berkategori empat.

Sekedar diketahui ada empat kategori level tanjakan. Kategori satu yang terberat dan kategori empat yang paling ringan.

Tanjakan kategori tiga Etape II TdF 2017 berada di Kilometer 60,6 tepatnya di Tanaroga dengan ketinggian 482 mdpl. Terakhir KOM empat di Kilometer 96,2 di Liakutu dengan ketinggian 1015 mdpl.

Pada Etape kedua ini, Imam pun berhak menyabet gelar Best Indonesian Rider (Mandiri White Jersey) dan Best ASEAN Rider (BTN, PP Properti, Bank NTT Blue Jersey).

Sedangkan pesaingnya, Nick Miller merebut PLN Yellow Jersey dari Drew Morey dalam dua Etape ini. Total waktu Miller 7 jam, 30 menit, 58 detik.

Etape III, Ende – Mbay akan berlangsung esok, Minggu, 16 Juli 2017, mulai pukul 09:00 Wita dengan jarak tempuh 83 kilometer. (Alfan Manah/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password