breaking news New

Setya Novanto Kini Menjadi Tersangka Baru Korupsi e-KTP

Setya Novanto, Ketua DPR RI dan Ketua Partai Golkar

Jakarta,Kabarnusantara.net-Setya Novanto yang merupakan ketua DPR RI berhasil ditetapkan KPK sebagai tersangka baru dalam kasus korupsi e-KTP.

Penetapan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPK, Agus Raharjo saat konferensi pers di Gedung KPK pada Senin, 17 Juli 2017.

Menurut Raharjo, Novanto diduga telah melakukan perbuatan menguntungkan diri sendiri maupun korporasi dan berhasil merugikan uang negara sebesar Rp 2,3 triliun.

“KPK tetapkan saudara SN, anggota DPR RI sebagai tersangka karena diduga telah menguntungkan diri sendiri, atau korporasi, sehingga diduga merugikan negara sekurang-kurangnya Rp2,3 triliun,” ungkap Rahardjo seperti yang dirilis media CNNIndonesia.com pada Senin (17/7).

Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1,ke 1 KUHP.

Novanto pun sebelumnya telah menjalani pemeriksaan oleh KPK terkait dugaan korupsi e-KTP tersebut.

Ketua umum partai Golkar tersebut diduga memiliki peran dalam proses penganggaran atau pengadaan barang dan jasa juga berperan dalam mengkondisikan pemenang pengadaan e-KTP.

Dimana dirinya disebut mendapat jatah 11 persen dari nilai proyek e-KTP sebesar Rp 574 miliar dan mengarahkan perusahaan pemenang proyek senilai Rp5,9 triliun.

Selain itu, dari keterangan sejumlah saksi di persidangan, Setya memang disebut menjadi pemegang proyek e-KTP. Ia juga diduga orang dekat Andi Narogong.

Meski demikian, Novanto sebelumnya bersumpah tidak menerima sepeserpun uang terkait dugaan korupsi e-KTP.

Malahan dirinya membantah jika Golkar tak pernah menerima uang sejumlah Rp 150 miliar seperti yang disebut dalam dakwaan. (KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password