breaking news New
Para delegasi Intersessional Malacca – Singapore Strait Electronic Navigational Chart (MSS – ENC) Meeting.

Delegasi MSS-ENC Gelar Pertemuan di KRI RIGEL-933  

Jakarta, Kabarnusantara.net – Kegiatan Intersessional Malacca – Singapore Strait Electronic Navigational Chart (MSS – ENC) yang berlangsung  dari tanggal 24 sampai dengan  26 Juli 2017  menggelar pertemuan di KRI Rigel-933 yang tengah bersandar di Dermaga 101, Tanjung Priok Jakarta Utara, Selasa (25/7).

Pertemuan yang membahas Kerjasama dalam pembuatan Peta Laut Elektronik Selat Malaka-Singapura  ini terdiri dari Pushidrosal (Indonesia),  Pusat Hidrografi Nasional (Malaysia)  dan Maritime Port Authority (Singapura) serta Japan Hydrographic Assosiation (JHA) sebagai distributor MSS ENC.

Kegiatan tersebut  dilaksanakan untuk dapat memenuhi kebutuhan para pelaut atas jaminan keselamatan pelayaran di perairan Selat Singapura dan Selat Malaka.  Indonesia beserta Malaysia dan Singapura yang berada di wilayah perairan tersebut memiliki kewajiban untuk memberikan jaminan keselamatan bernavigasi bagi kapal-kapal yang berlayar melewati kedua selat tersebut dengan menyediakan peta laut dan ENC yang selalu ter up date.

Pertemuan tersebut diawali dengan peninjauan delegasi ke beberapa bagian kapal survei canggih buatan Prancis tersebut sambil menerima penjelasan dari perwira kapal mengenai fungsi masing-masing bagian dalam kegiatan survei hidro-oseanografi. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pokok pembahasan MSS-ENC.

Dalam pertemuan yang dipimpinKapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro  sebagai Chairman ini, seluruh delegasi antara lain  menyepakati perlunya meningkatkan kualitas data MSS ENC, pemutakhiran data hidro-oseanografi melalui kegiatan survei dan pemetaan, serta perlunya membentuk pengangkatan Koordinator MSS-ENC yang dirotasi dari negara pantai tiap empat tahun sekali.

Pada kesempatan ini Indonesia menyatakan kesediaannya untuk berperan sebagai koordinator MSS ENC dengan bantuan MPA. Pertemuan tersebut mencatat bahwa rotasi ini telah disepakati sebelumnya dan harus didiskusikan pada Rapat MSS ENC SC berikutnya..

Indonesia juga menyatakan bahwa pengembangan MSS ENC harus berkelanjutan dan tumbuh secara eksponensial. Hal ini bisa dicapai melalui peningkatan kualitas MSS ENC. Semua survei yang dilakukan harus terjamin kualitasnya. Indonesia menyampaikan tentang pembentukan  Dewan Hidrografi Indonesia untuk mendukung keberlanjutan Hidrografi di Indonesia. Untuk memastikan jaminan kualitas, Pushidrosal mengirimTechnical Officer untuk mengendalikan semua kualitas dan aktivitas survei.

Pertemuan MSS-ENC berikutnya akan diadakan di Beijing, Tiongkok sekitar bulan Maret tahun 2018. (Wirawan/KbN) 

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password