breaking news New
Dokumen terkait investigasi LAKRI Cabang Kabupaten Manggarai Dalam Kasus Pengalihan Proyek di Desa Gulung.

Ketua OMS Gulung: LAKRI Cabang Manggarai Dukung Pengalihan Proyek Kemendes di Desa Gulung

Jakarta, Kabarnusantara.net – Lembaga Anti Korupsi Kabupaten Manggarai dinilai mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Manggarai yang telah mengalihkan Proyek dari Kemendesa di Desa Gulung ke tempat lain.

Hal itu dikatakan Ketua OMS Desa Gulung, Vinsensius Runding menanggapi pernyataan Sekretaris LAKRI Kabupaten Manggarai, Gusti Supardi.

“Kenapa dia (Gusti, red) membantah hasil investigasi yang dilaksanakan oleh LAKRI Pusat bersama dengan LAKRI Kabupaten Manggarai yang ada dalam Dokumen Investigasi LAKRI pada tahun 2016,” kata Vinsensius kepada media ini di Jakarta.

Apalagi, kata Venansius, kesimpulan dari Investigasi tersebut jelas merupakan pelanggaran pidana.

“Dalam dokumen ini Lembaga Anti Korupsi Republik Indonesia (LAKRI) menyimpulkan bahwa Usulan Permohonan Bantuan Dana yang Diusulkan oleh Kepala Desa Gulung, telah disalahgunakan oleh oknum-oknum pejabat di Kementerian Desa bersama dengan oknum-oknum pejabat di Pemerintahan Kabupaten Manggarai, hal tersebut tersebut JELAS PELANGGARAN PIDANA yang SERIUS,” demikian dia mengutip bunyi tulisan dalam dokumen LAKRI tersebut.

Karena itu, menurut Ketua OMS tersebut, LAKRI Kabupaten Manggarai sangat kelihatan tidak bertanggung jawab dengan hasil investigasinya sendiri dan balik mendukung pengalihan secara sepihak oleh Pemerintah Manggarai.

“Sikap LAKRI Manggarai, bagi saya sangat mencurigakan. Dulu mereka yang investigasi, sekarang mereka tidak konsisten dan malah menuduh laporan kami ke KPK tidak kuat. Itu berarti mereka mendukung pengalihan proyek ini,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan salah satu media lokal, LAKRI Cabang Kabupaten Manggarai Menanggapi upaya  OMS Desa Gulung yang melaporkan sejumlah oknum ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tuduhan melakukan korupsi pengalihan anggaran pembangunan jaringan irigasi dari Wae Wakat Desa Gulung Kecamatan Satar Mese Utara ke Wae Wunut Desa Rado Kecamatan Cibal.

LAKRI Cabang Kabupaten Manggarai justru memilik pandangan berbeda. Mereka meyakini bahwa laporan OMS Desa Gulung bakal bernasib sama dengan upaya LAKRI sebelumnya. LAKRI yang pernah malaporkan kasus ini ke Kejaksaan Agung memang tidak mengejar perbuatan korupsi namun lebih kepada perbuatan melawan hukum dengan rekayasa pengalihan anggaran.

Ketua OMS Desa Gulung sangat menyayangkan pernyataan Sekretaris LAKRI Cabang Kabupaten Manggarai tersebut.

“Pernyataan Gusti itu sangat disayangkan. Kenapa dia tidak memberikan dukungan kepada kami untuk menguatkan hasil temuan mereka. Sekarang berbanding terbalik,” ucapnya bernada kesal. (KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password