breaking news New

Posyandu Dibiarkan Terlantar, Weng Tegaskan Aparat Desa Ikut Bertanggungjawab Atas Fasilitas Kesehatan

Kondisi Posyandu di Desa Bajak, Kecamatan Reok

RUTENG, Kabarnusantara.net, Posyandu Nggorang, Desa Bajak, Kecamatan Reok dibiarkan terlantar tak terawat. Pantauan Kabarnusantara.net, Selasa, 1/8/2017, bangunan Posyandu itu tampak kotor, dipenuhi semak belukar di sekelilingnya dan terkesan tak terawat.

Menanggapi kondisi posyandu yang tak terawat itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai, dr. Yulianus Weng,M.Kes, Selasa, 1/8/2017, di ruang kerjanya di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai di Ruteng, mengatakan bahwa Posyandu itu dibangun dengan menggunakan Dana Desa.

Karena itu, tegasnya, semua aparat desa di Kabupaten Manggarai wajib merawat seluruh fasilitas pemerintah yang ada di desa, termasuk fasilitas kesehatan seperti Posyandu, Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Menurut Weng, fasilitas kesehatan merupakan sarana penting yang perlu dirawat dan dijaga baik demi menunjang kesehatan masyarakat pengguna.

“Masyarakat Desa Bajak dan Manggarai umumnya tentu butuh fasilitas kesehatan yang bersih, rapih, dan nyaman agar proses perawatan pasien dan pelayanan kesehatan dapat berjalan baik,” ujarnya.

Dokter Weng pun menegaskan pihaknya akan segera menegur Kepala Desa dan Aparatnya, baik secara formal maupun informal agar fasilitas kesehatan itu segera dirawat dan dibersihkan.

Kendatipun proses awal pembangunan Posyandu itu menggunakan Dana Desa, Weng menegaskan selaku pihak yang berwewenang memanfaatkan fasilitas kesehatan bagi pelayanan masyarakat, Dinas Kesehatan akan berkoordinasi dengan desa bersangkutan agar Posyandu itu segera dirawat dan dibersihkan.

Pantauan Kabarnusantara.net, bangunan Posyandu itu berada di pertengahan Kampung Nggorang dan Wae Pesi, tepatnya di Watu Gamber, Desa Bajak, Kecamatan Reok. Hingga kini, kondisi Posyandu tampak kotor dan dipenuhi semak belukar. (Berto Davids/KbN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password