breaking news New

Kadis PU Manggarai: Infrastruktur yang Rusak akan Diperbaiki Secara Bertahab

Kadis PU Kabupaten Manggarai, Adi Empang

RUTENG, Kabarnusantara.net – Semua Infrastruktur, baik jalan maupun jembatan yang rusak akan diperbaiki secara bertahap sesuai dengan kewenangan yang dimiliki pemerintah daerah.

Demikian pernyataan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU), Adi Empang kepada kabarnusantara.net di sela-sela Rapat Paripurna Anggota DPRD, Rabu (3/8/2017), Pukul 10.30 Wita.

Berdasarkan berita yang pernah dirilis kabarnusantara.net belum lama ini, infrastruktur jalan raya yang bernomenklatur jalan Kabupaten tengah rusak, seperti jalan yang menghubungkan Narang – Waerebo, Kenda – Ting, Jembatan Wae Wuring, dan lain-lain. Kondisi jalan ini telah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui Dinas PU.

“Saya sering membaca berita yang dimuat oleh berbagai media terkait kondisi infrastruktur jalan raya di Kabupaten Manggarai” kata Adi Empang.

“Menanggapi hal itu, Dinas PU Kabupaten Manggarai telah menindaklanjutinya berupa dokumen proposal yang diajukan ke Kementrian PURP (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)” tuturnya.

Lanjut Adi Empang, selain berita yang dimuat media, Dinas PU Kabupaten Manggarai juga telah melakukan pantauan langsung, baik secara periodik maupun rutinitas.

“Kami sudah turun langsung ke lapangan untuk memantau kondisi infrastruktur jalan raya, bahkan di 12 Kecamatan Kabupaten Manggarai. Boleh lihat dokumentasinya di Kantor” jelas Adi Empang.

Adi pun mengatakan bahwa dokumen proposal yang telah diajukan itu masih dalam tahap menunggu alokasi anggaran dari Pusat ke APBD 2017 yang dikerucutkan dalam Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Kalau anggarannya sudah tiba, Kami akan membuat jadwal perbaikannya” pungkas Adi Empang.

“Perbaikan infrastruktur jalan raya memang menjadi prioritas karena merupakan jantung penghubung perekonomian Kabupaten Manggarai” jelasnya lagi.

Saat ditanya terkait jalan Propinsi Ruteng – Iteng yang tengah rusak parah, Dia mengatakan bahwa itu bukan kemenangan Kabupaten kendatipun berada di Wilayah Manggarai.

“Kami hanya sebatas kordinasi, selanjutnya itu urusan Satker” ungkap Adi Empang.

“Memang Bupati Manggarai sudah pernah sampaikan itu ke Gubernur NTT agar jalan itu segera ditindak lanjuti nantinya” kata Adi Empang.

“Dinas PU Kabupaten Manggarai masih fokus untuk pembenahan jalan Kabupaten sambil menunggu alokasi anggaran” papar Adi Empang.

Tak berhenti sampai di situ, Dia juga menjelaskan bahwa jika jalan Kabupaten yang tengah rusak parah itu berada di pusat perekonomian, maka Dinas PU akan memprioritaskan jadwal perbaikannya di tempat itu.

“Kami lagi upayakan untuk memetakan khusus Wilayah yang berpotensi agar itu dapat diprioritaskan,” tutupnya. (Berto Davids/KbN).

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password