breaking news New

Najwa Shihab Direncanakan Hadir di Lembata Selaku Duta Baca Indonesia

LEMBATA, Kabarnusantara.net – Selain menggelar Talk Show secara off air, Najwa Shihab direncanakan hadir selaku Duta Baca Indonesia dalam Gerakan Pasar Baca di Taman Swaolsa Titen, Kota Lewoleba, pada Jumat, 11 Agustus 2017 mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabarnusantara.net, Jumat, 4/8/2017, dalam Gerakan Pasar Baca itu, Pemerintah Kabupaten Lembata dan seluruh panitia akan melibatkan sekitar 3.000 warga dari semua kalangan.

Pada kegiatan itu, 3.000 warga yang terlibat diwajibkan membawa buku ke Taman Swaolsa Titen, tempat kegiatan itu berlangsung.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Lembata dan Najwa Shihab selaku Duta Baca Indonesia akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) mendukung gerakan literasi di kabupaten itu.

Direncanakan pula, Pemkab Lembata akan mendeklarasikan Lembata sebagai Kabupaten Literasi.

Dalam kegiatan itu pun, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Lembata diwajibkan membuat Perpustakaan pribadi di rumah demi mendukung dan menyukseskan Kabupaten Lembata sebagai Kabupaten Literasi.

Untuk diketahui, Najwa Shihab adalah Duta Baca Indonesia periode 2016-2020. Gelar itu disematkan pada dirinya oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan tugas utama menyebarkan minat baca ke seluruh penjuru negeri.

Selain Duta Baca Indonesia, wanita kelahiran Makassar, 16 September 1977 itu juga menjadi Duta Pustaka Bergerak.

Jaringan literasi yang mendedikasikan untuk dibangun perpustakaan bergerak dari satu wilayah ke wilayah lain dengan sarana dan prasarana yang sederhana. Ada yang menyebar buku memakai kuda, pedati, perahu, vespa dan sebagainya.

Tugas Najwa adalah membangun kepedulian terhadap buku dan gerakan membaca, menyebarkan bahan bacaan ke berbagai penjuru negeri, dan ujung-ujungnya adalah meningkatnya minta baca di Indonesia. (Berto Davids/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password