breaking news New

​Dr. Huber Muda: Empat Pilar Kebangsaan Jadi Acuan Revolusi Mental

Ruteng, Kabarnusantara.net – Empat Pilar Kebangsaan Indonesia, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan hal urgen untuk dijadikan acuan bagi Revolusi Mental Bangsa di era kekinian.
Hal ini disampaikan oleh salah satu narasumber, Dr. Huber Muda dihadapan Peserta Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang berlangsung di Aula Efata pada Sabtu (5/8/2017), Pukul 10.00 Wita.

Dijelaskannya, dalam kehidupan sehari – hari peraktek Revolusi Mental perlu disanding dengan pengetahuan Masyarakat tentang Empat Pilar Kebangsaan.

“Revolusi Mental tidak mungkin berjalan jika Masyarakat belum memahami Empat Pilar Kebangsaan” jelas Dr. Huber.

“Oleh karena itu, Sosialisasi Empat Pilar ini merupakan hal aktual, relevan dan urgen untuk dibicarakan” sambungnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Masyarakat yang telah memahami Empat Pilar Kebangsaan dapat dilihat dari Masyarakat yang punya semangat bergotong royong, bekerja keras, berintegritas dan beriman.

“Jika kasat mata orang melihat sesamanya mampu menjadi orang yang mau bergotong royong, bekerja keras, berintegritas dan beriman, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa orang itu telah memahami Empat Pilar Kebangsaan secara kompherensif” paparnya.

Revolusi Mental ini, lanjut Dr. Huber, telah dikenal sejak era Presiden Pertama Indonesia dan baru ditingkatkan dalam program Nawa Cita Presiden sekarang.

“Atas dasar itu, Revolusi Mental harus bertolak dari diri sendiri karena gagasan ini sudah lama muncul di Indonesia, bukan baru sekarang” terang Dr. Huber.

“Jika baru dilaksanakan sekarang berarti Revolusi Mental itu disebut Revolusi Mental rekayasa. Dikatakan rekayasa karena terkesan mengikuti perintah regulasi, bukan inisiatif sendiri” jelasnya lagi.

Selain itu, Dia juga menjelaskan bahwa dalam Empat Pilar Kebangsaan terdapat nilai keagamaan untuk diemplementasikan pada kehidupan sehari – hari.

Nilai keagamaan itu, sambung Dr. Huber, dapat diwujudkan dalam Revolusi Mental melalui sikap Iman, Takwah, Bertobat, dan lain sebagainya.

“Atas dasar itu, Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bagi Anak Sekolah, Mahasiswa dan Masyarakat yang hadir sangat berguna untuk dijadikan acuan” tutupnya.

Pantauan Kabarnusantara.net, Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu dihadiri tiga nara sumber lainnya selain Dr. Huber Muda, yakni Anggota DPR RI Joni G. Plate, Kapolres Manggarai, AKBP. Drs. Marselis Sarimin Karong, M.Pd dan Dr. Abdul Majid.

Sosialisasi itu dipandu langsung oleh salah satu Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Flavianus Soe selaku moderator. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password