breaking news New

Mengisi Program KKN, Mahasiswa STKIP dan Warga Desa Ngancar Bangun Kerja Sama

Mahasiswa KKN STKIP Santo Paulus Ruteng Bersama Warga Desa Ngancar, Kecamatan Lembor Saat Membuat Bilik Kamar Mandi Darurat Sebagai Tempat Mandi Umum Bagi Warga

Labuan Bajo, Kabarnusantara.net – Lembaga Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng telah mengutus Mahasiswanya beberapa pekan lalu untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di seluruh Kecamatan Kabupaten Manggarai Barat yang menyebar di berbagai Desa.

Wilayah penyebaran Mahasiswa KKN ini telah ditetapkan dari Lembaga. Salah satu Wilayah yang menjadi tempat yang ditetapkan berpusat di Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat, Propinsi NTT.

Adapun program – program yang dilaksanakan Mahasiswa KKN bersama Warga Desa Ngancar kurang lebih tiga pekan berada di tempat itu, salah satunya adalah membuat Bilik Kamar Mandi Darurat sebagai tempat mandi umum bagi Warga.

Pantauan Kabarnusantara.net, pembuatan Bilik Kamar Mandi itu berpusat di RT 011, Dusun Wae Ara, Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Hadir pada kesempatan itu Ketua RT 011, Bernadus, Kepala Dusun Wae Ara, Yohanes Malika, Kordinator Desa (Kordes) Ngancar, Donatus Juoto Ndasung. Turut hadir Mahasiswa KKN dan Warga yang turut membantu pembuatan Bilik Kamar Mandi.

Lanjut pantauan Kabarnusantara.net, Bilik Kamar Mandi itu dibuat dari Bambu Lencar, baik Dinding, Tiang Siku, Lat maupun Pintunya.

Saat diwawancarai di sela – sela kesibukan pembuatan Bilik Kamar Mandi, Kepala Dusun Wae Ara, Yohanes Malika mengatakan kehadiran Mahasiswa KKN sangat membantu Warga Desa Ngancar untuk memenuhi hal – hal yang menjadi kebutuhan Warga, seperti pembuatan Bilik Kamar Mandi ini.

Menurutnya, Mahasiswa KKN ini sudah mampu hidup bermasyarakat melalui kegiatan atau program kerja nyata yang Mereka lakukan.

“Saya sangat senang. Mudah – mudahan Mereka sukses kedepannya” ungkap Malik.

Diwawancarai pada waktu dan tempat yang sama, Ketua RT 011, Bernadus mengatakan bahwa Dia sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN.

“Program ini sungguh luar biasa dan langsung menyentuh kebutuhan Warga. Saya sangat mengapresiasinya” kata Bernadus.

Hal senada diungkapkan oleh Kordes Desa Ngancar, Donatus Juoto Ndasung saat diwawancarai.

Dia mengatakan bahwa program ini dilaksanakan atas dasar kesepakatan bersama dalam rapat Warga Desa Ngancar dan Mahasiswa KKN beberapa hari lalu.

“Kendatipun Bilik ini hanya bersifat darurat, semua Warga sangat puas atas kerja nyata Mahasiswa KKN” ujar Ndasung.

“Saya selaku Kordes akan mendampingi terus Kerja Nyata yang dilakukan Mahasiswa KKN” tandas Ndasung. (Berto Davids/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password