breaking news New

Peringati HUT RI, Polres Manggarai Gelar Upacara Bendera di Wae Rebo

RUTENG, Kabarnusantara.net – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 72, jajaran Polres Manggarai menggelar Upacara Bendera di kampung tradisional Wae Rebo, Jumat, 11 Agustus 2017, tepatnya pukul 15:00 WITA.

Upacara Bendera itu dipimpin langsung Kapolres Manggarai, AKBP. Drs. Marselis Sarimin Karong,M.Pd.

Upacara itu tampak diikuti satu pleton Perwira Polres Manggarai, satu pleton Dalmas, satu pleton staf, satu pleton babinkamtibmas, serta tokoh adat Wae Rebo.

Uniknya, seluruh jajaran Polres Manggarai mengenakan busana adat Manggarai yang dipadukan dengan seragam POLRI.

Kapolres Manggarai, AKBP Marselis Sarimin Karong dalam pidatonya mengatakan Upacara Bendera memperingati HUT RI ke 72 ini dilakukan pihaknya untuk menyatakan keberpihakan Polres Manggarai dalam menjaga dan melestarikan aset wisata budaya yang kini menjadi warisan budaya dunia ini.

Polres Manggarai, ujar Marselis mau menunjukkan kepada masyarakat kepedulian negara terutama POLRI terhadap pariwisata.

Pihaknya juga hendak menunjukkan kepada dunia bahwa NKRI Harga Mati.

Menurut Kapolres Marselis, Wae Rebo sebagai salah satu warisan budaya dunia yang harus tetap didukung dan dijaga keasliannya.

Pantauan Kabarnusantara.net, jajaran Polres Manggarai tiba di Dintor sekitar pukul 12:00 waktu setempat. Perjalanan ke kampung tradisional Wae Rebo yang dipimpin Kapolres Marselis itu memakan waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Tampak Kapolres Marselis dan jajarannya melewati jalur pendakian dengan berjalan kaki dari Wae Lomba hingga Wae Rebo.

Pohon-pohon hutan yang tinggi menjulang mengitari sisi kiri dan kanan perjalanan mereka.

Mereka berjalan kaki, mendaki, menyusuri kawasan hutan lebat dengan gembira tanpa kendala berarti.

Kicauan burung hutan menjadi musik pengiring dan penyemangat para prajurit Polisi di jalur pendakian mendekati kampung tradisional Wae Rebo.

Rasa lelah pun terbayar tuntas saat kaki menginjak gerbang kampung adat Wae Rebo.

Kapolres Manggarai dan jajarannya disambut secara adat oleh Tetua adat Wae Rebo.

“Ini pengalaman menarik dan terindah sepanjang hidup saya. Berada di Wae Rebo, serasa kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi Indonesia,” pungkas Kapolres Marselis sumringah.

Humas Polres Manggarai, Daniel Jihu kepada Kabarnusantara.net mengatakan kegiatan itu dilakukan pihaknya atas perintah Kapolri, Jendral Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A.Ph.D.

Peringatan Upacara Bendera memperingati HUT RI itu serempak dilaksanakan di jajaran kepolisian di seluruh Indonesia. (Alfan Manah/KbN)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password