breaking news New

Dinas PPO Manggarai Gelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Keterangan Foto : Para peserta lomba, guru pendamping, orang tua dan Panitia Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat SD se-Kabupaten Manggarai berpose bersama usai lomba.

RUTENG, Kabarnusantara.net – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten Manggarai menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar se-Kabupaten Manggarai di Aula Dinas PPO di Ruteng, Senin, 14 Agustus 2017.

Pantauan Kabarnusantara.net, perlombaan itu hanya diikuti oleh tiga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas PPO yaitu UPTD Kecamatan Langke Rembong, UPTD Kecamatan Wae Ri’i dan UPTD Kecamatan Ruteng.

Sementara delapan UPTD Dinas PPO lainnya tidak ikut serta, diantaranya UPTD Kecamatan Satarmese, Satarmese Barat, Satarmese Utara, Lelak, Rahong Utara, Cibal, Cibal Barat, Reok, dan UPTD Reok Barat.

Ketua Panitia Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat SD se-Kabupaten Manggarai, Herman Manehat kepada Kabarnusantara.net mengatakan kegiatan ini bertujuan memberi wadah bagi peserta didik untuk dapat berkreasi dalam menunjang peningkatan mutu, mengembangkan ekspresi seni, dan membina apresiasi seni dan sastra yang berakar pada budaya bangsa.

Dikatakan Manehat, selain sebagai sarana pembentukan karakter, perlombaan dapat menumbuhkembangkan sikap sportif dan kompetitif di kalangan peserta didik sejak usia dini.

Karena itu, ia menyayangkan sebagian besar UPTD Dinas PPO di kecamatan tidak mengutus perwakilannya dalam perlombaan itu.

“Peserta festival dan lomba seni siswa nasional ini merupakan yang terbaik di tingkat kecamatan masing-masing. Sebelum mengikuti perlombaan di tingkat kabupaten, mereka mengikuti perlombaan di tingkat kecamatan,” ujar Manehat.

Selain itu, Sekretaris Panitia Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat SD se-Kabupaten Manggarai, Amandus Hansi, SE mengatakan ada empat jenis mata lomba yang direncanakan yaitu Menyanyi Tunggal, Baca Puisi, Seni Tari dan Pantomim. Namun mata lomba Pantomim sepi peminat, sehingga tidak diperlombakan.

Lebih lanjut Hansi menjelaskan peserta festival dan lomba yang juara di tingkat kabupaten akan diutus mewakili Kabupaten Manggarai untuk mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi.

Ia pun berharap agar ke depannya pihak UPTD Dinas PPO di tingkat kecamatan berupaya mendorong agar kegiatan itu terlaksana. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password