breaking news New

KSR PMKRI Regio Flores di Ruteng Lahirkan Dua Rekomendasi Penting

Peserta KSR PMKRI Regio Flores dari 5 Cabang, yakni PMKRI Cabang Maumere, Ende, Nagekeo, Makasar dan Ruteng

Ruteng, Kabarnusantara.net – Konferensi Study Regional (KSR) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Regio Flores yang berlangsung di Balai Latihan Kerja Dalo Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT dari tanggal 9 – 12 Agustus 2017 akhirnya melahirkan dua rekomendasi penting, yakni mendorong Pemerintah Daerah agar bisa membentuk Badan Promosi Pariwisata dan mendorong Pemerintah Daerah agar bisa membentuk Desa Adat di Daerah potensi Pariwisata.

Komisaris Daerah (Komda) PMKRI Regio Flores, Yoakim Seke kepada Kabarnusantara.net pada Senin tanggal 14 Agustus 2017 di Ruteng mengatakan dua rekomendasi itu merupakan hasil KSR PMKRI Regio Flores yang diikuti oleh PMKRI Cabang Maumere, PMKRI Cabang Ende, PMKRI Cabang Nagekeo dan PMKRI Cabang Makasar selama 4 hari.

Dua rekomendasi itu, lanjut Yoakim, bertolak dari tema yang diangkat pada saat KSR serta sejumlah rekomendasi penting lainnya.

Adapun penjabaran dari dua rekomendasi penting itu, yakni PMKRI Regio Flores mendorong Pemerintah Daerah agar bisa membentuk Badan Promosi Pariwisata Flores yang bertugas untuk mempromosikan Pariwisata berbasis kawasan Flores dalam satu kesatuan.

Selain itu KSR PMKRI Regio Flores dalam rekomendasinya juga mendorong Pemerintah Daerah agar bisa membentuk Desa Adat di Daerah yang berpotensi, seperti di Waerebo atau Desa Adat Bena sehingga Mereka bisa menjaga budaya lokal yang ada dan tidak terpengaruh dengan budaya luar.

“Kami juga akan berjuang secara maksimal agar dua rekomendasi penting itu bisa diterima dan dijalankan oleh semua Pemerintah Daerah di Flores” kata Yoakim.

Pada waktu dan tempat yang sama Ketua PMKRI Cabang Ruteng Santo Agustinus, Dionisius Upartus Agat kepada Kabarnusantara.net juga mengatakan bahwa dirinya berharap agar poin – poin rekomendasi yang dihasilkan dalam KSR Regio Flores bisa memberikan kontribusi positif untuk kemajuan sektor Pariwisata demi meningkatkan taraf hidup Masyarakat di Flores.

Atas nama PMKRI Cabang Ruteng sebagai Tuan Rumah penyelenggara, Agat pun menyampaikan ucapan terimah kasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan KSR ini sejak tanggal 9 – 12 Agustus 2017 yang lalu.

Sebelumnya para Peserta KSR dan Komda PMKRI Regio Flores melaksanakan Sidang Kehormatan Ceremonial Pembuka KSR di Aula Ranaka Lante Tiga Kantor Bupati Manggarai pada Kamis 10 Agustus 2017 lalu. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password