breaking news New

Mewakili Langke Rembong, SDK Ruteng V Raih Juara Lomba Tari dan Puisi

RUTENG, Kabarnusantara.net – Sekolah Dasar Katolik Ruteng V mewakili Kecamatan Langke Rembong dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kabupaten Manggarai Tahun 2017.

Sebelumnya, SDK Ruteng V meraih juara I dalam perlombaan yang sama di tingkat kecamatan. SDK binaan Biarawati Katolik Kongregasi SSPS itu sebelumnya mampu mengalahkan para pesaingnya dari 22 SD di Kecamatan Langke Rembong.

Pantauan Kabarnusantara.net, Senin, 14 Agustus 2017, SDK Ruteng V kembali mengukir prestasi gemilang dengan menjuarai dua mata lomba yaitu Seni Tari dan Puisi. Sedangkan mata lomba menyanyi tunggal dimenangkan oleh siswi SDI Leda, atas nama Rosalia Hepidensi Rempas.

Dengan demikian semua mata lomba pada kegiatan ini dimenangkan oleh perwakilan siswa SD dari Kecamatan Langke Rembong.

Untuk mata lomba puisi, Yosefa Claudia Sumardi dari SDK Ruteng V berhasil meraih juara 1. Sementara pesaingnya Yuliana Jemiut dari SDN Wade Kecamatan Wae Rii berhasil meraih juara 2.

Selain itu, SDK Ruteng V menjuarai mata lomba tarian tingkat Kabupaten Manggarai dengan menyisihkan pesaingnya dari SDN Wade Kecamatan Wae Rii.

Pelatih gerak dan tari SDK Ruteng V, Erni Jem kepada Kabarnusantara.net mengatakan prestasi yang diraih merupakan buah dari kerja keras dan kerja cerdas pihaknya, baik kepala sekolah, guru, orang tua dan juga siswa itu sendiri.

Prestasi ini, ujar Erni, juga berkat dukungan UPTD Dinas PPO Kecamatan Langke Rembong.

Dikatakan Erni, pihaknya membawakan Tarian Cici Banca dalam perlombaan itu.

Cici Banca, ujar Erni merupakan permainan tradisional khas anak-anak Manggarai yang dibawakannya dalam bentuk tarian.

Karena itu, membawakan permainan Cici Banca ke dalam tarian membutuhkan tiga kelompok, yaitu kelompok penabuh alat musik tradisional Manggarai, kelompok penyanyi lagu Cici Banca dan kelompok penari.

Untuk pemain musik dibagi dalam tiga kelompok yaitu penabuh Gong, Gendang dan penabuh Musik Bambu.

Sedangkan kelompok penyanyi menyanyikan lagu Cici Banca sambil tepuk tangan mengikuti irama.

Erni pun menyatakan kegembiraan karena anak bimbingannya dinyatakan sebagai juara dalam perlombaan Tarian Tradisional itu.

“Kami tentu sangat gembira dan siap mewakili Kabupaten Manggarai untuk perlombaan yang sama di tingkat Provinsi NTT. Dukungan dari semua pihak tetap kami harapkan,” pungkasnya.

Pantauan Kabarnusantara.net, ada tiga personil penari Cici Banca diantaranya Myria Berardina, Tessa Djemai, dan Cyntia Tegok.

Mereka bergoyang dengan lincahnya mengikuti irama hentakan musik tradisional Manggarai.

Berlaku sebagai Tim Juri dalam perlombaan Seni Tari yaitu Maria F.F. Aburman, S.Pd, Drs. Romas D. Nikolaus, dan Sisilia Kabur,S.Pd.

Untuk mata lomba Baca Puisi, yang berlaku sebagai juri diantaranya Margaretha Febriana Rene, S.Pd, Hironimus Syamlan dan Drs. Romas D. Nikolaus.

Sedangkan yang berlaku sebagai juri untuk Lomba Menyanyi Tunggal diantaranya Livens Turuk,ST,MT, Simon Manggu,S.Pd, dan Margaretha Febriana Rene,S.Pd.

Dari tiga jenis mata lomba ini, ada dua mata lomba yang akan diperlombakan di tingkat provinsi yaitu Mata Lomba Seni Tari dan Mata Lomba Menyanyi Tunggal. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password