breaking news New

HUT RI Ke-72, Desa Pagerharjo-Kulonprogo Rawat Toleransi Lewat Doa Lintas Iman

Warga Desa Pager Harjo dan Para Tokoh Agama Lintas Iman Sedang Menggelar Doa Bersama Dalam Merawat Toleransi Pada HUT RI Ke-72

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Bulan kelahiran Ibu pertiwi yang jatuh pada 17 Agustus kini membuat dinamika masyarakat Indonesia diwarnai dengan hiruk pikuk persiapan perayaan memperingati hari kemerdekaan Indonesia tersebut. Tak hanya masyarakat, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga pada level Desa turut menyemarakan kelahiran ibu pertiwi.

Salah satu diantaranya datang dari desa Pager Harjo, Kecamatan Samigalu Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Merawat toleransi dan menjaga keharmonisan antara umat beragama, desa Pager merayakan Hari kemerdekaan RI yang ke 72 dengan gelar doa bersama di balai desa Pagerharjo.

Kegiatan Doa bersama yang digelar pada Rabu, (15/8/2017) itu dihadiri sejumlah tokoh-tokoh agama yang terdiri dari agama Islam, Katolik dan Kristen, dan secara bersamaan melakukan doa di balai desa Pagerharjo.

Kepala desa Pagerharjo, Widayat dalam sambutanya menghimbau dan mengajak warga desa Pagerharjo agar semua tetap menjaga kerukunan antara umat beragama.

“Saya berharap kita semua di desa Pangerharjo ini tetap menjaga keharmonisan di desa Pagerharjo, juga bekerja sama untuk Pagerharjo yang lebih baik “, ujar Widayat.

Lebih lanjut, dirinya juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pendahulu yang sudah memprakarsai kegiatan doa lintas iman ini.

“Kita patut berterima kasih kepada pendahulu kita yang telah berinisiasi untuk mengadakan kegiatan seperti ini, dan ini sudah menjadi rutinitas kita setiap tahunya,” tegas Widayat

Selain itu, ketua panitia pelaksana, Bapak Sarjo dalam sambutanya menyampaikan, kegiatan ini merupakan betuk perwujutan dari Bineka Tunggal Ika dan bagian dari menjaga keharmonisan antar umat beragama khususnya di desa
Pagerharjo ini.

Seusai doa bersama para tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan dari setiap padukuhan dan masyarakat setempat yang hadir mengadakan makan bersama di balai desa.

Kegiatan ini menuai aperesiasi beragam pihak. Salah satunya Ketua padukuhan Gegerbajing, Bapak Untung.

Bapak Untung saat diwawancarai Kabarnusantaran.net menuturkan kegiatan ini sangatlah bagus dan sangat sesuai dengan situasi bangsa saat ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dalam merayakan Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus. Ini adalah kegiatan yang bagus untuk terus dihidupi. Kegiatan ini pun bukan hanya sebatas perlombaan tetapi penting juga untuk menjaga kerukunan antar umat beragama apalagi dengan kondisi Indonesia yang mengkhawatirkan akhir-akhir ini “. Pungkas Untung. (Asfram/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password