breaking news New

Rian Keka: Perangkat Desa Perpanjangan Tangan Kepala Desa

RUTENG, Kabarnusantara.net – Kepala Desa Bangka La’o, Gregorius Serian Keka mengatakan kepala desa tidak bisa bekerja sendiri, karena itu dibutuhkan perangkat desa yang merupakan perpanjangan tangan kepala desa.

Hal itu dikatakannya pada acara pelantikan Perangkat Desa Bangka La’o, Rabu, 16 Agustus 2017 di Kantor Desa Bangka La’o, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT.

“Kita sudah bekerja sama beberapa bulan terakhir ini, dan kini teman-teman dilantik secara resmi. Teman-teman sudah menjadi kepala desa. Karena tugas yang teman-teman emban adalah tugas yang dipercayakan oleh rakyat kepada Kepala Desa Bangka Lao. Karena itu, bersyukurlah kepada rakyat Desa Bangka La’o dengan cara menunjukkan pengabdian yang tulus,” ujarnya.

Ia pun mengakui bahwa dirinya tak mampu menjalani pemerintahan dan pimpin desa tanpa bantuan aparat desa. Karena itu, tugas perangkat desa mendukung seluruh kebijakan dan program kerja kepala desa dengan kerja, kerja, dan kerja.

Lebih lanjut Kades yang akrab disapa Rian itu mengatakan, perangkat desa yang dilantik hari ini bekerja hingga usia mencapai 60 tahun. Artinya, ujar Rian, melampaui periode kerja kepala desa.

Karena itu, Kades Rian menegaskan perangkat desa bekerja untuk melayani rakyat, bukan untuk dilayani.

“Itulah kenapa saya mendorong kawan-kawan yang masih muda untuk ikut dalam proses seleksi perangkat desa. Dan ternyata kawan-kawan muda mampu menunjukkan bahwa kalian bisa. Untuk melayani rakyat, kita butuh kawan-kawan yang masih muda dan energik,” ujarnya lagi.

Adapun Sembilan perangkat desa yang dilantik diantaranya: Kaur Tata Usaha dan Umum, Fitalia Dembo,S.Pd; Kaur Perencanaan, Fersianus Panyol,S.Si; Kaur Keuangan, Regina Bao Darang; Kepala Seksi Pemerintahan, Yuvensius Agur; Kepala Seksi Kesejahteraan, Bonefasius Jehaut; Kepala Seksi Pelayanan, Konradus Lahur; Kepala Dusun Ngkor, Bonefantura Jehalut; Kepala Dusun Lao, Yuventus Jehalu; Kepala Dusun Ceke, Adrianus Arianto Gandur.

Pantauan Kabarnusantara.net, aparat desa itu dilantik dan diangkat sumpah oleh Kepala Desa, Gregorius Serian Keka, dengan saksi rohaniwan Romo Fridus Masut, dan Saksi ASN, Sekretaris Camat Ruteng, Geradus Tanggung.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Vinsensius Sebastian Gatas, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa, Adelti Gunda Baya dan Asti Muda. Hadir pula Pendamping Lokal Desa, Dominikus Angkur, dan Venny Cornelia Tambar, dan juga para tokoh masyarakat desa Bangka La’o. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password