breaking news New

Orang Muda Katolik Paroki Denge – Makasar Gelar Seminar Bertema “Dari Desa Membangun Daerah”

Ruteng, Kabarnusantara.NetOrang Muda Katolik Paroki Denge – Makasar ( OMKPDM ) menyelenggarakan kegiatan Seminar di Aula Serbaguna Paroki Denge, Selasa 22 Agustus 2017.  OMKPDM  merupakan organisasi Mahasiswa Khatolik asal Paroki Denge Kecamatan Satarmese Barat yang sedang menempuh pendidikan di Kota Makasar Sulawesi Selatan.

Dalam seminar tersebut OMKPDM mengangkat tema “Dari Desa Membangun Daerah” dengan menghadirkan Pembicara dari Pemerintah Kabupaten Manggarai beserta Akademisi dari Jakarta. Hadir dalam seminar tersebut Sensi V. Sebastianus, Kepala Dinas Badan Pemeberdayaan Masyarakat Desa dan Marsianus Edon, Akademisi asal Paroki Denge yang menempuh Pendidikan Pasca Sarjana di Jakarta.

Ketua panitia Saverius Sudarman dalam sambutanya mengatakan bahwa kegiatan seminar ini merupakan bentuk kepedulian Mahasiswa Katolik asal Paroki Denge yang berbasis di Makasar terhadap pemberdayaan dan Pembangunan yang ada di Paroki denge khusunya dan Kecamtan satarmese Barat Pada Umumnya.

“Seminar pada hari ini dijalankan atas dasar kepedulian kami (OMKPDM_Red) terhadap keberlanjutan pembangunan di Paroki Denge pada khususnya dan Satarmese barat Pada umumnya”, Ujar  Save, Mahasiswa YASPI Makasar ini.

Marsi Edon, salah satu pembicara yang hadir menyampaikan apresiasi terhadap keberadaan OMKPDM yang peduli terhadap pembangunan di Daerah. Beliau menambakan bahwa kebijakan dari desa membangun daerah merupakan perencanaan jangka panjang yang sangat tepat, karena posisi Desa memiliki posisi yang strategis dan dekat dengan masyrakat secara langsung sehingga pembangunan daerah seharusnya mampu menyerap aspirasi masyarakat di Tingkat Desa.

“Pertama, secara Pribadi saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh OMKPDM pada hari ini, dan kegiatan seperti ini sangat relevan dengan situasi dimana Pemerintah Daerah seharusnya mampu menyerap aspirasi masyarakat di Tingkat Desa”, Ujar Mahasiswa PascaSarjana Universitas Kristen Indonesia tersebut.

Untuk diketahui, kegiatan seminar dihadiri oleh Sejumlah Kepala Desa, Perangkat Desa dan masyarakat dari setiap desa sekecamatan Satarmese barat ini merupakan bagian dari rangkaian sejumlah kegiatan OMKPDM selama berada di Paroki Denge, dan sebelumnya OMKPDM telah melakukan sejumlah kegiatan seperti Bakti sosial di wilayah Paroki Denge. ( Ovan/KBN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password