breaking news New

Setop Menulis Stop !

Kabarnusantara.net – “Stop, untuk semua kendaraan roda empat!”. Adakah yang salah dengan penulisan tersebut? Tidak ada! Mungkin itu jawaban anda. Namun, jika anda adalah penulis yang bersahabat dengan kamus, maka anda akan tahu bahwa ada yang salah dalam penulisan salah satu kata dalam kalimat tersebut.

Ya, kata “stop” tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika anda mencari kata “stop” anda akan dirujuk untuk melihat kata “setop”. Wow! Ini berarti, mulai sekarang anda harus “setop menulis stop”.

Jika anda terganggu karena merasa aneh harus menggunakan kata “setop”, sebaiknya tidak “meluruskan jalan yang bengkok” dengan tetap menggunakan kata “stop”. Lebih baik anda menggunakan kata lain yang bermakna sama, seperti kata “berhenti”.

                 Doc. Foto Geogle

 

Bersahabat dengan kamus dapat menambah perbendaharaan pemilihan kata agar kita dapat lebih variatif lagi ketika menulis. Dengan pemilihan kata yang tepat dan variatif, proses menulis pun bisa lebih menyenangkan.

Tidak hanya kata “setop”, masih banyak kata lain yang mungkin kita anggap sudah benar penulisannya, namun ternyata tidak terdapat dalam kamus. Beberapa kata tersebut antara lain:

 

[salah ==> benar]

 

tolak ukur ==> tolok ukur

pondasi ==> fondasi

frustasi ==> frustrasi

nafas ==> napas

konfrensi ==> konferensi

praktek ==> praktik

nasihat ==> nasehat

kadaluwarsa ==> kedaluwarsa

silahkan ==> silakan

contek ==> sontek

apotik ==> apotek

stip ==> setip

komplit ==> komplet

hakekat ==> hakikat

karir ==> karier

ekstrim ==> ekstrem

Jadi, apakah anda sekarang akan “setop menulis stop”? (RR/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password