breaking news New

Dugaan Pembantaian Puluhan Ekor Rusa di Pulau Komodo, BTNK Belum Bisa Memastikan

Kabarnusantara.net – Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK), Sudiono mengatakan, pihaknya tidak mampu untuk memastikan benar atau tidaknya dugaan pembantaian puluhan ekor rusa di Pulau Komodo, seperti yang ada di foto yang beredar luas beberapa pekan lalu.

Menurutnya, karena ketidakmampuan itu maka pihaknya bekerja sama dengan pihak kepolisian.

Namun pihak BTNK sendiri, kata dia, melakukan penelusuran dan hingga kini belum berhasil mengungkapkan dugaan itu.

“Karena kurang mampu makanya kami kerja sama dengan pihak kepolisian, sampai sekarang tidak ditemukan linknya”, kata Sudiono, dilansir Pos Kupang.

Seperti diberitakan, sejumlah pihak mengecam dugaan tindakan pembataian rusa di komodo. Kepala BTNK diminta harus bertanggung jawab.

Wakil Ketua DPRD Manggarai Barat (Mabar), Abdul Ganir, turut mengutuk tindakan itu dan meragukan kinerja Kepala BTNK.

“BTNK harus bertanggung jawab soal rusa itu. BTNK tidak boleh membuat statemen seolah-olah mereka tidak diberi tugas untuk menjaga Taman Nasional Komodo. Kepala BTNK harus dimintai pertanggungjawabannya dan dia harus bertanggung jawab,” tegas Ganir.

Sorotan yang sama disampaikan oleh anggota DPRD Mabar, Marsel Jeramun.

“Balai TNK harus bertanggungjawab atas kejadian ini. Saya menduga ada proses pembiaran yang dilakukan oleh BTNK,” kata Marsel.

Menurut dia, bila dugaan pembantaian rusa itu benar terjadi dan tidak segera disikapi secara serius, maka populasi komodo akan terus berkurang karena menipisnya stok makanan. Bila itu terjadi maka satu saat komodo akan musnah.

Untuk diketahui, dalam sebuah foto yang beredar di media sosial, terlihat sebuah kapal motor mengangkut puluhan rusa yang sudah mati. Diduga rusa itu hasil perburuan liar di Pulau Komodo, Labuan Bajo.

Terlihat juga ada beberapa orang di dalam kapal itu, satu diantaranya sedang santai merokok. Sedangkan satunya bermain ponsel ditangannya. (RR/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password