breaking news New

BEI Buka Galeri Investasi ke 301 di STKIP Santu Paulus Ruteng

Direktur Pengembangan PT. BEI, Hosea Nicky Hogan

RUTENG, Kabarnusantara.net – PT. Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengkampanyekan investasi saham pada generasi muda. Mereka pun membuka Galeri Investasi di sejumlah perguruan tinggi di tanah air.

Kali ini, BEI melebarkan sayapnya dengan membuka Galeri Investasi ke 301 di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Santu Paulus Ruteng, pada Jumat, 25 Agustus 2017.

Usai kegiatan Pembukaan Galeri Investasi itu, Direktur Pengembangan PT. Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan kepada Kabarnusantara.net mengatakan Galeri Investasi ini adalah yang ke 301, hasil kerja sama antara PT. BEI dan perusahaan sekuritas.

Menurut Hogan, Galeri Investasi itu dibuka dalam rangka untuk edukasi dan sosialisasi mengenai investasi saham dan pasar modal di kalangan kampus.


Baca Juga:

Dikatakannya, Galeri Investasi tidak hanya untuk edukasi, tetapi dengan adanya perusahaan sekuritas itu, juga dimungkinkan bagi masyarakat kampus untuk menjadi investor.

“Jadi tidak hanya belajar teori, tetapi mahasiswa dan elemen kampus lainnya juga berpeluang menjadi investor, membuka rekening, dan mulai berinvestasi dengan membeli saham atau pun reksa dana,” terang Hogan.

“Ini adalah kegiatan utama yang dilakukan hari ini. Tadi pembukaan galeri oleh pak Bupati, dan dilanjutkan dengan seminar di kalangan Civitas Akademi STKIP Santu Paulus,” terang Hogan lagi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, seminar dilakukan dalam kerangka edukasi.

“Pemahaman bahwa investasi itu mahal dan harus punya uang banyak, itu salah. Pemahaman masyarakat selama ini salah. Ternyata dengan uang Rp 100.000, semua orang mulai bisa berinvestasi membeli saham dan reksa dana,” ujarnya.

“Pemahaman bahwa saham itu spekulatif dan lain-lain juga tidak seperti itu. Karena saham itu untuk investasi jangka panjang. Spekulasi itu kalau kita pakai untuk transaksi jangka pendek harian,” ujarnya lagi.

Tetapi, kata Hogan, kalau investasi jangka panjang, kita jadi pemilik perusahaan besar itu.

“Tadi saya sampaikan dalam seminar, kita bisa menjadi pemilik BRI dan Telkom, dan berbagai perusahaan besar lainnya. Apa yang spekulasi dari itu. Malah kita mendapat potensi keuntungan, potensi deviden, dan potensi kenaikan harga saham dari waktu ke waktu, seperti itu.”

Galeri ini, kata Hogan, juga bisa menjadi media pembukaan rekening investasi dengan ajakan “Ayo menabung saham”.

Fungsi Galeri Investasi itu selain untuk edukasi, juga menjadi pusat kegiatan pasar modal paling tidak di Ruteng dan bahkan di seluruh wilayah Flores Barat.

“Orang bisa datang ke galeri untuk pembukaan rekening. Galeri lebih kepada pembukaan rekening. Di galeri, orang juga bisa datang memantau perkembangan harga saham. Kalau untuk membeli saham, orang tidak harus ke galeri, tetapi orang bisa membeli lewat smartphone,” imbuhnya.

Sementara, pada kegiatan Pembukaan Galeri Investasi ke 301 itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus menyambut baik inisiatif PT. BEI itu.

Ia pun menyatakan dukungannya dan bahkan memberi ruang agar PT. BEI bersedia melakukan hal yang sama di lembaga pemerintahan mulai dari kabupaten hingga desa.

“Saya berharap, PT. BEI tidak hanya membuka galeri di kampus, tetapi juga bisa membuka galeri di instansi pemerintahan di daerah, mulai dari kabupaten hingga kecamatan dan desa,” tandasnya. (Alfan Manah/Roman Haryanto/KBN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password