breaking news New

Festival Budaya dan Praktek Cerdas Anak Meriahkan Peringatan Hari Anak Nasional di Manggarai

RUTENG, Kabarnusantara.net – Festival Budaya Manggarai dan praktik cerdas anak meriahkan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2017 di Wudi, Desa Wudi, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin, 28 Agustus 2017.

Pantauan Kabarnusantara.net,  berbagai kreativitas anak di bidang seni dan budaya ditampilkan. Pertunjukkan seni budaya Manggarai seperti Tarian Caci, Tarian Ako Woja, Tarian Sanda, Mbata, Vokal Grup lagu daerah dan pementasan cerita rakyat dipertontonkan.

Ratusan anak-anak itu tampak mengenakan pakaian adat Manggarai. Anak laki-laki tampak gagah dengan mengenakan sarung tenun Songke Manggarai berwarna hitam dihiasi berbagai motif warna-warni, celana putih dan baju putih dibalut Selendang bermotif Songke Manggarai. Sedangkan di bagian kepala anak laki-laki dihiasi mahkota berupa Sapu.

Sementara, anak-anak perempuan mengenakan Kebaya dibalut sarung songke dengan Bali Belo berbentuk mahkota di kepala.

Selain Festival Budaya Manggarai, anak-anak juga mempresentasikan pratek cerdas anak berupa presentasi materi Budi Daya Pertanian Organik dan Pemanfaatan barang bekas.

Pertunjukkan kreativitas anak itu melibatkan anak-anak  dari enam desa dampingan Wahana Visi Indonesia (WVI), diantaranya Desa Wudi, Rado, Welu, Barang, Pinggang dan Desa Nenu.

Anak-anak itu juga merupakan anak usia sekolah yang berasal dari 8 sekolah di wilayah itu, diantaranya SDK Wudi, SDI Rakas, SDI Lujang, SDK Welu, SDI Kuwu, SDK Pagal 1, SMP Negeri 5 Cibal, dan SMP Negeri 7 Cibal.

Ketua Panitia Perayaan Hari Anak Nasional 2017 di Wudi, Aloysius Deon mengatakan perayaan Hari Anak Nasional 2017 melibatkan 750 anak dari enam desa di Kecamatan Cibal, yaitu Desa Wudi, Rado, Welu, Pinggang, Barang, dan Desa Nenu. Peserta terdiri dari anak SD, SMP, para guru, masyarakat desa, pemerintah desa dan pihak WVI ADP Manggarai.

Sementara itu, Kepala Desa Barang, Thomas Tahir mengatakan untuk menciptakan desa layak anak, pihaknya mengalokasikan anggaran sebesar Rp 10 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Barang Tahun Anggaran 2017.

Pihaknya berkomitmen akan terus meningkatkan anggaran pro Anak pada tahun-tahun anggaran mendatang.

Dikatakan Deon, selain dukungan WVI, APBDes 2017 di enam desa memberi kontribusi berupa alokasi anggaran demi suksesnya perayaan Hari Anak Nasional 2017.

Selain itu, kata Deon, pihak desa juga mengalokasikan anggaran yang cukup bagi terciptanya desa layak anak.

“Program desa layak anak sudah masuk dalam anggaran rutin di enam desa ini. Selain itu, anak-anak kami libatkan dalam pembangunan desa mulai dari tahap perencanaan pada forum Musrenbangdes hingga pelaksanaan program khususnya pertanian organik,” ujar Thomas.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai, Maksimus Gandur menyampaikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif bersama Wahana Visi Indonesia dan enam desa dampingannya itu.

Pada kesempatan itu, Gandur mengajak para orang tua dan para guru agar menjauhi praktek kekerasan dalam mendidik anak.

Dikatakan Gandur, di Indonesia peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya. Namun karena berbagai pertimbangan, peringatan HAN dilakukan bertepatan dengan moment perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI.

Menurut Gandur, anak-anak harus dididik dengan kasih sayang, diberi keterampilan hidup dan juga keterampilan sosial.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Cibal, Lorensius Jelamat, Kepala Desa Wudi Aloysius Deon, Kepala Desa Rado Fransiskus Lehot, Kepala Desa Welu Siprianus Patria, Kepala Desa Barang Thomas Tahir, Kepala Desa Pinggang Barnabas Kacang, Pejabat Kepala Desa Nenu Patrisius Sunardi, dan seluruh Kepala Sekolah serta guru-guru dari delapan sekolah di wilayah itu.

Para orang tua, ujar Gandur, juga sejak dini mengajarkan kepada anak kemampuan untuk menyelesaian masalahnya secara mandiri dan bertumbuh dalam kegembiraan. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password