breaking news New

Soal Penutupan Sejumlah Lokasi Tambang, Bupati Deno Surati Gubernur

Keterangan Foto : Bupati Manggarai, Deno Kamelus pada moment HUT POLRI ke 71, menyerahkan Penghargaan kepada seluruh Bhabinkamtibmas yang bertugas di desa/kelurahan di Kabupaten Manggarai. Tampak Bupati Deno, didampingi Kapolres Manggarai, AKBP Marselis Sarimin Karong.

RUTENG, Kabarnusantara.net – Terkait penutupan sejumlah lokasi tambang Galian C di wilayah Kabupaten Manggarai, baik di Wae Reno, maupun Weol, Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengatakanpihaknya telah menyurati Gubernur NTT di Kupang.

Hal itu disampaikannya kepada Wartawan di Ruteng, Selasa, 29 Agustus 2017.

Dikatakan Deno, isi surat tersebut untuk memberikan informasi sekaligus laporan kepada Gubernur bahwa sejumlah lokasi tambang di Manggarai sudah dipasang Police Line dan ditutup operasinya oleh aparat kepolisian Polres Manggarai dengan alasan tidak berizin.

Ia pun mengakui bahwa sebagian besar lokasi tambang Galian C di Kabupaten Manggarai belum mengantongi izin. Hanya Galian C di Wae Pesi yang sudah mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP).

Namun, ujar Deno, karena IUP menjadi kewenangan Gubernur, maka pihaknya melaporkan peristiwa itu kepada Gubernur.

Bupati Deno juga mengaku telah berkoordinasi dengan Kapolres Manggarai, AKBP Marselis Sarimin Karong melalui telephone karena Kapolres sedang berada di luar daerah.

Menurut Deno, penutupan sejumlah lokasi tambang Galian C menghambat pembangunan infrastruktur di daerah itu.

“Pembangunan infrastruktur di daerah jelas membutuhkan pasir seperti pembangunan rumah bagi rakyat miskin, jalan, jembatan, irigasi, gedung sekolah, puskesmas, dan berbagai fasilitas umum lainnya. Dengan adanya penutupan ini, semua jadi terganggu,” ujarnya.

Sementara soal proses hukum, Bupati Deno menyatakan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwewenang.

“Soal hukum sepenuhnya kita serahkan kepada pihak berwewenang. Namun diharapkan proses pembangunan tetap berjalan normal tanpa hambatan berarti,” ujar Deno. (Alfan Manah/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password