breaking news New

Polisi Ungkap Kelebihan “Special” Sindikat Penyebar Kebencian dan SARA Buzzer Saracen

Kabarnusantara.net – Polisi terus melakukan penelusuran jejak digital terhadap sindikat buzzer Saracen yang melakukan penyebaran kebencian dan serta isu SARA.

Dilansir Jawa.pos, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Martinus Sitompul menyatakan bahwa pihaknya telah menemukan satu kejahatan yang dilakukan buzzer Saracen, dengan memasuki atau menyusup ke dalam suatu sistem jaringan komputer secara ilegal.

“Jejak digital, ditemukan ada sebuah Ilegal Access yang dilakukan Jasriadi terhadap akun Facebook milik seseorang yang dilaporkan di Polres Depok, sekitar Januari 2017,” kata Martinus di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (7/9).

Martinus menjelaskan, Jasriadi yang juga diduga sebagai aktor intelektual Saracen ini, punya kemampuan untuk membajak akun media sosial orang lain.

Dengan melakukan penelusuran jejak digital, Martinus menyebut bahwa pihaknya memerlukan waktu yang cukup dalam membongkar buzzer Saracen.

“Ini pekerjaan butuh waktu besar, butuh ketekunan penyidik untuk meriksa satu persatu. Terkait digital akan ditelusuri satu satu apa yang jadi fakta hukum,” ucapnya.

Dalam pengembangan kasus saat in, polisi masih menunggu hasil laporan analisa dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam mengusut aliran dana sindikat Saracen. Setidaknya sudah ada 14 rekening diserahkan polisi ke PPATK. (RR/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password