breaking news New

Rayakan Keberagaman Bumi Congka Sae, IM3 Yogyakarta Gelar Dialog Lintas Iman

Yogyakarta, Kabarnusantara.net – Perkuat keberagaman di tanah Manggarai, Flores, NTT atau yang dikenal dengan sebutan bumi Congka Sae, Ikatan Mahasiswa Muslim Manggarai-Yogyakarta (IM3) melangsungkan acara halal bihalal bersama segenap tokoh lintas iman asal Manggarai, Flores, NTT pada Sabtu, 9 September 2017.

Acara yang berlangsung di kediaman bapak Haji Ardi Sehami tersebut, mengusung tema “Mempererat Tali Silaturahmi Lintas Agama Keluarga Besar Manggarai”.

Salah satu tokoh agama Islam Manggarai, H. Ardi Sehami .S.Ag.M.M.M.Par.
dalam pemaparan materinya nengungkapkan bahwa bumi Congka Sae di dalam tubuhnya mengandung dua agama besar juga kepercayaan lainya. Agama-agama atau keyakinan itu senantiasa hidup bersama dan berdampingan.

Ia menilai, warga Manggarai dominan beragama Kristen Katolik dan Islam yang sudah lama menghirup udara sehat di tanah Manggarai.

Ia pun mengharapkan dalam suasana persaudaraan tersebut yang mesti dijaga bersama adalah memupuk rasa cinta dan saling menghargai serta menghormati sesuai norma-norma yang ada.

Tak hanya itu, kegiatan diskusi atau dialog lintas iman tersebut menurutnya sangat pentig supaya batasan-batasan dalam keyakinan masyarakat Manggarai dapat dipahami bersama serta saling mendukung dan menjaga toleransi serta keberagaman.

Baginya, Keberagaman atau perberdaan -perbedaan yang ada adalah kekayaan yang sangat luar biasa ditanah Manggarai untuk dirayakan dan dijaga.

Selain itu, salah satu tokoh Gereja Katolik Manggarai, Romo Felix Edu, Pr pada kesempatan yang sama mengungkapkan bangga atas keberagamanyang ada di tanah Manggarai.

“Saya sangat bangga, karena ditanah Manggarai kita atau nuca lale mempuyai keberagaman agama. Keberagaman itu itu adalah kekayaan dari nenek moyang kita sampai pada jaman kita sekarang yang sejak dulu hidup berdampingan dengan rasa cinta kasih,” tutur Romo Felix.

Meski demikian, dirinya menilai ada segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menodai keberagaman tersebut.

“Saya melihat ada beberapa oknum yang mau mencoreng keberagaman ini,” lanjut Romo Felix.

Ia pun mengajak kepada semua pihak untuk teta konsisten menjaga keberagaman dan toloeransi.

“Saya mengajak kepada siapapun untuk saling menjaga toleransi dan keberagaman kita. Jagan mudah terpengaruh oleh situasi dari luar. percayalah dan yakini agama masing-masin. Yang Islam menjalankan ibadah sesuai tuntunan agama Islam dan yang Katolik menjalankan ibadah sesuai tuntunan agama Katolik,” tutup Romo Felix. (Ramadhan Trawe/Astra/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password