breaking news New

Wilibrodus Kengkeng : Mahasiswa Harus Memperkuat Kapasitas Diri

Ruteng, Kabarnusantara.net – Seminar nasional yang diselenggarakan oleh perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Ruteng Santu Agustinus, Sabtu (9/9/2017) Mengangkat tema Peran kaum muda dalam menyikapi dinamika sosial.

Anggota DPRD Kabupaten Manggarai dari partai Demokrat, Wilibrodus Kengkeng, SH,  sebagai salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa dalam menyikapi dinamika sosial Mahasiswa harus mampu memperkuat kapasitas diri.

“Memperkuat kapasitas diri merupakan langkah yang ideal dalam menyikapi beragam dinamika-dinamika sosial” tegas Kengkeng di Aula Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO), Ruteng, Kec. Langke Rembong, Kab. Manggarai, NTT.

Menurutnya, di tengah beragam dinamika-dinamika sosial yang terjadi sekarang ini peran kaum muda khususnya mahasiswa harus mampu memperkuat kapasitas diri dengan mengasah kemampuan intelektual dengan membaca banyak buku, berita, sering berdiskusi dan mengakses informasi-informasi penting terkait pengetahuan.

Kengkeng menambahkan, dalam meningkatkan kapasitas diri kaum muda juga harus mampu mengasah keterampilan atau skill.

“Skill setiap pribadi khususnya mahasiswa harus diasah”.

Hal itu menurutnya bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti pelatihan-pelatihan ilmiah, seminar, maupun kegitan ilmiah lainnya.

Ia juga menegaskan pentingnya kaum muda memahami dinamika dalam kehidupan pribadi.

“Sebelum bicara jauh dan kompleks terkait dinamika sosial, terlebih dahulu kaum muda harus menyadari dinamika yang terjadi dalam hidup tiap pribadinya. Dinamika sosial konkrit yang sekarang sedang melanda kaum muda khususnya mahasiswa yaitu terkait penggunaan Sosial Media (Sosmed),” ucap Kengkeng.

“Jangan habiskan waktu anda (Mahasiswa) dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna, apalagi habiskan waktu dengan sosial media (Sosmed) yang tidak wajar “, ucapnya lagi.

Ia berharap keberadaan kaum muda mampu membangun bangsa dan negara sesuai kemampuan atau bakat yang dimiliki.

“Sebagai contoh di Manggarai ada anak muda dari pau mampu meraih Medali emas pada pekan olahraga nasional (PON) di bandung”, ujarnya.

Di akhir sesi kengkeng menambahkan, selain kapasitas dan skill, kunci kesuksesan setiap orang juga tidak terlepas dari jaringan atau hubungan pertemanan (JACK/OW/KbN) 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password