Pengelolahan Sukma Cabang Reo Resmi Diserahkan Kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng

Serah terima berita acara penyerahan pengelolahan Sukma oleh Romo Edi Minori, Pr dari Kiri, Romo Ferdi Gadu, Pr dari kanan dan Vikep Reo, Romo Herman Ando, Pr dari tengah
loading...

RUTENG, Kabarnusantara.net – Pengelolahan Sekolah Umat Katolik Manggarai (Sukma) Cabang Reo akhirnya resmi diserahkan kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng pada Sabtu (16/9/2017) Pukul 09.30 Wita, bertempat di Pendopo Pastoran Gereja Santa Maria Ratu Rosari Reo.

Pengelolahan Sukma Cabang Reo yang resmi diserahkan kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng ini berjumlah 3 Sekolah, yakni TK Persatuan Reo, SMPK Tribhakti Reo dan SMAK St. Gregorius Reo atau yang biasa disebut Smager.

Puncak dari penyerahan itu adalah serah terima sekaligus penandatanganan berita acara oleh Romo Ferdi Gadu, Pr selaku Ketua Cabang Sukma Reo dan Romo Edi Minori, Pr selaku Ketua Sukma Pusat Keuskupan Ruteng.

Hadir dalam penyerahan itu Vikep Reo, Romo Herman Ando, Pr, Ketua Sukma Pusat Keuskupan Ruteng, Romo Edi Minori, Pr, Ketua Cabang Sukma Reo, Romo Ferdi Gadu. Turut hadir Kepala TK Persatuan Reo, Yovita Setia, Kepala SMPK Tribhakti Reo, Maksimus Lembu Nai dan Kepala SMAK St. Gregorius Reo, Romo Louis Djawa, Pr.

Usai penyerahan tersebut, kepada Kabarnusantara.net Romo Edi Minori, Pr mengatakan bahwa secara administrasi Sukma Cabang Reo telah resmi diserahkan kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng untuk dikelolah.

Penyerahan ini, lanjut Romo Edi, merupakan tanggung jawab Pastoral Sukma Pusat Keuskupan Ruteng di bidang pendidikan untuk memberikan pendampingan yang baik secara struktural Sekolah terutama pada bagian administrasi.

“Selama ini praktis Sukma masih dikelolah oleh Paroki setempat dalam hal administrasi. Tetapi sekarang sudah diserahkan kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng dengan tanggung jawab hukum yang jelas” kata Romo Edi yang juga menjabat sebagai Moderator PMKRI Cabang Ruteng itu.
Administrasi yang dimaksud, sambung Romo Edi, berupa laporan – laporan yang dibuat oleh Sukma Cabang Reo kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng agar ditindak lanjuti sesuai kewenangan.

Dia pun mengatakan bahwa penyerahan ini tidak serta merta semua urusan Sukma Cabang Reo menjadi tanggung jawab Sukma Pusat Keuskupan Ruteng, melainkan sama – sama bertanggung jawab.

“Paroki setempat masih tetap mempunyai kewenangan untuk melakukan pembinaan ataupun pendampingan pendidikan terhadap 3 Sukma itu, hanya secara administrasinya saja yang diserahkan kepada Sukma Pusat Keuskupan Ruteng untuk menjadi penanggung jawab utama” demikian pernyataan Romo Edi. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password