breaking news New

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muaram, Masjid Reo Selenggarakan Kegiatan Ini

Suasana bagi para Undangan saat mengikuti acara pembuka kegiatan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muaram

RUTENG, Kabarnusantara.net – Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muaram 1439 Hijriah, Masjid besar Nurul Hudha Reo, Kabupaten Manggarai, Propinsi NTT menyelenggarakan kegiatan sosial kemanusiaan dengan mengadakan berbagai cabang lomba berbakat yang akan berlangsung pada Minggu (17/9/2017) Pukul 20.00 Wita dan berakhir pada Rabu (21/9/2017), bertempat di halaman depan Masjid besar Nurul Hudha Reo.

Cabang lomba tersebut, yakni Lomba MTKI, Lomba Baca AlQuran, Lomba Kasidah dan lomba Azan. Empat Cabang Lomba ini masing – masing diikuti oleh Remaja, Dewasa dan Anak – Anak yang sudah terdaftar resmi sebagai Peserta Lomba.

Pantauan Kabarnusantara.net, kegiatan sosial kemanusiaan ini diawali dengan acara pembuka. Berikut susunan acaranya:
1. Pembacaan AlQuran oleh Kamarudin
2. Kata sambutan oleh Ketua Panitia Penyelenggara, Indra Yakub Abas
3. Pengangkatan sumpah delapan dewan juri yang akan memandu jalannya empat Cabang Lomba itu
4. Kata sambutan oleh Imam besar Masjid Nurul Hudha Reo sekaligus membuka kegiatan secara resmi
5. Mamiri
6. Selingan hiburan yang dibawahkan oleh TK Nurul Hudha, SDN Reo 1 dan MTsN Reo
7. Doa.

Hadir dalam acara pembuka itu Kapolsek Reo, Kejari Reo, para Tokoh Agama, Peserta Lomba dan para Undangan lainnya.

Kegiatan itu juga mengusung Tema “Dengan Tahun Baru Islam 1 Muaram 1439 Hijriah Kita Tingkatkan Kesatuan dan Persaudaraan Se Tanah Air Serta Ukwah Islamiyah” yang disponsori langsung oleh Anggota DPR RI, Joni G. Plate.

Ketua Panitia Penyelenggara, Indra Yakub Abas dalam sambutannya menegaskan bahwa kegiatan ini murni kegiatan bertajuk sosial kemanusiaan bukan karena dipengaruhi oleh unsur politik.

Kendatipun kegiatan ini disponsori oleh Joni G. Plate, lanjutnya, tetap saja momen keagamaan ini menjadi fokus utama yang harus dijalankan tanpa dikaitkan dengan sudut pandang politik.

“Beberapa tahun belakangan, kegiatan semacam ini jarang diselenggarakan. Oleh karena itu, Saya atas nama Umat Islam Kecamatan Reo bertekad menghidupkan kembali kegiatan Islamiyah ini dengan bertajuk keagamaan” jelas Indra dalam sambutannya.

Keinginan untuk menghidupkan kembali kegiatan ini, sambung Indra, akhirnya terwujud setelah Joni G. Plate turut mendukungnya dengan menjadi sponsor utama.

Lebih lanjut Indra mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu bagian dari kerja sama Umat Islam di Reo dalam memperjuangkan martabat agama di tengah kesatuan dan persaudaraan Umat.

“Kerja sama ini lahir dari persetujuan Umat Islam di Reo untuk menyelenggarakan kegiatannya, baik yang berada di seputaran Kota maupun di pesisir” tutur Indra dalam sambutannya.

“Kita tidak bisa menyelenggarakan kegiatan ini di tempat lain selain di Reo karena Reo merupakan Kecamatan yang bermayoritas Umat Islam terbanyak di Manggarai” tuturnya lagi.

“Oleh karena itu, marilah Kita membangkitkan kesadaran diri dengan menghidupkan kegiatan ini tanpa dipengaruhi oleh unsur politik” tandasnya.

Sementara itu Imam besar Masjid Nurul Hudha, Ahmad Usman dalam sambutannya juga mengatakan bahwa secara pribadi dan atas nama Umat Islam di Reo dirinya mendukung semua kegiatan yang akan dilaksanakan ini.

Kegiatan ini, lanjutnya, merupakan bagian dari pengembangan karakter Umat dan mental jati diri keagamaan untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Lebih lanjut Dia pun mengatakan bahwa Tema kegiatan yang diusung dari hasil kesepakatan Panitia Penyelenggara telah sesuai dengan amanat Undang – Undang.

Oleh karena itu, Umat Islam yang menjadi Panitia Penyelenggara harus memupuk sebuah pelajaran berarti dan memberikan penilaian konstruktif bagi semua Peserta Lomba demi terciptanya harkat dan martabat Islam.

“Sebuah upaya harusnya disadari dengan niat baik agar segala perosesnya dapat berjalan baik pula. Semoga nuansa Islamiyah terus tercipta sepanjang kegiatan ini agar ikatan persaudaraan dan pengetahuan keagamaan Umat meningkat” demikian sambutannya.

Usai acara pembuka itu, Panitia Penyelenggara kegiatan mengadakan rapat teknik bersama delapan dewan juri yang akan memberikan penilaian bagi para Peserta empat Cabang Lomba sampai berakhirnya kegiatan itu. (Berto Davids/KbN).

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password