breaking news New

Jika Carisoprodol Berbahaya, Bagaimanakah dengan Paracetamol dan Caffein ?

Kabarnusantara.net – Obat PCC menjadi pil maut yang mengancam nyawa. Tentu saja, kandungan obat ini merupakan oplosan zat obat-obatan umum dengan zat bebahaya. Di antaranya Paracetamol, Caffein, dan Carisoprodol.

Di dalam dunia medis, penggunaan paracetamol dan caffein umum digunakan untuk pasien karena aman.

Berbeda dengan Carisoprodol. Zat golongan ini merupakan golongan keras dan berbahaya. Bahkan di Indonesia penggunaannya sudah terlarang sejak 2013. Artinya ini sudah menjadi zat yang terlarang.

“Karena ada golongan merahnya. Yang bahaya ya oplosannya itu,” tukas Disease Prevention Expert yang juga CEO dari In Harmony Vaccination dr. Kristoforus Hendra Djaya SpPD, Selasa (19/9).

Kristoforus menjelaskan Paracetamol dan Caffein selama ini digunakan di dunia medis sebagai obat aman bagi pasien. Paracetamol adalah obat antinyeri yang paling aman.

Paracetamol biasanya digunakan untuk mengurangi gejala rasa sakit ringan hingga sedang seperti sakit kepala, flu, nyeri karena haid, sakit gigi, hingga nyeri sendi.

“Paracetamol itu enggak berbahaya. Aman. Namun memang kalau berlebihan bisa berbahaya juga,” jelasnya.

Dia menyebutkan batas konsumsi Paracetamol per hari. Dikonsumsi 500 gram maksimal tak lebih dari 4 gram.

“Kalau berlebihan lebih dari 4 gram per hari atau 8 tablet bisa ganggu liver. Itu pun tak serta merta mengganggu liver,” jelasnya.

Begitu pula dengan caffein yang merupakan zat umum. Zat ini bahkan terdapat di dalam kopi, teh ataupun soda untuk mengurangi rasa jenuh dan ngantuk.

“Caffein tidak berbahaya, itu bisa digunakan untuk mengilangkan migrain atau sakit kepala sebelah,” katanya.

Sedangkan Carisoprodol tak pernah lagi digunakan oleh dokter untuk direkomendasikan kepada pasien. Kristoforus menyebutkan hal itu merupakan antidepresan yang berbahaya.

“Antidepresan golongan terlarang. Kalau terlarang ya berarti masuk psikotropik. Kami sih enggak pernah kasih itu (Carisoprodol) ke pasien,” tegasnya. (RR/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password