breaking news New

Rapat Pleno Ormas PK Komcab Minsel Lahirkan 8 Rekomendasi

AMURANG, Kabarnusantara.net – Informasi yang diperoleh Kabarnusantara.net melalui pesan WhatsApp dengan salah satu Narasumber terpercaya di Kota Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, Egidius Kajang bahwa rapat pleno Organisasi Masyarakat (Ormas) Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang digelar pada Selasa (19/9/2017) di Desa Ranaan, Kecamatan Montoling, Kabupaten Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara akhirnya melahirkan 8 rekomendasi penting.

Rapat pleno itu mengusung agenda umum, yakni “Konsolidasi Internal Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan yang Dipaduhkan Dengan Penyusunan Program Kerja Anggota”.

Hadir dalam rapat pleno tersebut Ketua Organisasi Masyarakat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan, Verly A. Tielung.

Turut hadir para Wakil Ketua Bidang, para Pengurus Inti dan beberapa Anggota lainnya.

Rapat pleno itu diawali dengan sambutan Ketua Organisasi Masyarakat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan, Verly A. Tielung.

Dalam sambutannya Verly mengatakan bahwa rapat pleno yang digelar pada hari ini merupakan amanat dari AD/ART Organisasi. Ia juga meminta kepada Peserta rapat pleno untuk merancang program yang fokus pada agenda konsolidasi internal.

Saya meminta kepada Peserta rapat pleno untuk tidak lagi memikirkan Kecamatan, Paroki dan Stasi – Stasi asal dalam merancang program, tetapi perlu tahu bahwa lingkup Kita adalah Kabupaten, bukan lagi Kecamatan, Paroki ataupun Stasi sehingga Kita dapat dijadikan barometer bagi yang lain” tegas Verly dalam sambutannya.

Rapat pleno itu pun akhirnya melahirkan 8 rekomendasi penting dari setiap bidang – bidang yang dapat dijadikan bahan acuan kerja Organisasi.

Adapun 8 rekomendasi yang dilahirkan itu, yakni:

1. Merekomendasikan pembaharuan beberapa Komisariat Anak Cabang (Komac) beserta ranting – rantingnya. Komac itu adalah Komac Modoinding, Komac Maesan, Komac Tompaso Baru, Komac Wilayah Amurang Bersatu, Komac Motoling Bersatu, Komac Ranoyapo dan Komac Sinonsayang Tenga.

2. Merekomendasikan Pengurus carateker pada setiap Komac dalam rangka mempersiapkan pembaharuan Pengurus Komac dan pelaksanaan musyawarah. Nama Pengurus carateker yang direkomendasikan itu adalah Grand Turangan sebagai Pengurus carateker Komac Modoinding, Esry Liwe sebagai Pengurus carateker Komac Maesan, Mikaela Wodong sebagai Pengurus carateker Komac Tompaso Baru, Herymond Lomowa sebagai Pengurus carateker Komac Wilayah Amurang Bersatu, Fenry Monampiring sebagai Pengurus carateker Komac Motoling Bersatu, Egidius Kajang sebagai Pengurus carateker Komac Sinonsayang Tenga.

3. Merekomendasikan untuk melaksanakan pengkaderan dan pelatihan – pelatihan serta seminar besar atau sosialisasi di setiap Komac yang sudah dibentuk.

4. Merekomendasikan untuk melengkapi legalitas atribut Organisasi.

5. Merekomendasikan untuk membuka diri, membangun kerja sama, jejaring dan komunikasi yang sinergis dengan Pemerintah Daerah, media massa, media sosial, Organisasi Masyarakat dan elemen – elemen lain yang sepaham dengan ideologi Pemuda Katolik.

6. Merekomendasikan untuk mengumpulkan data Umat Katolik di setiap Paroki dan Stasi guna memastikan data Umat Katolik yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

7. Merekomendasikan untuk membangun komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten, Kementrian Agama, Yayasan Pendidikan Katolik, Pimpinan Paroki serta pihak – pihak terkait untuk mencari solusi bagi pemenuhan Guru Agama Katolik pada Sekolah Katolik dan penambahan struktur Katolik pada Kementrian Agama Kabupaten Minahasa Selatan.

8. Merekomendasikan dan menyetujui usulan pelaksanaan lomba olah raga futsal yang disponsori oleh Pemuda Katolik agar bisa memperkenalkan Pemuda Katolik kepada Masyarakat.

Itulah 8 rekomendasi penting yang dilahirkan oleh Organisasi Masyarakat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan setelah timbulnya kesepakatan dari hasil rapat pleno.

Sementara itu Sekretaris Organisasi Masyarakat Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan, Fransiskus Glendy Singal di sela – sela rapat pleno kepada Kabarnusantara.net mengatakan bahwa dirinya berharap dengan adanya program yang telah tersusun oleh masing – masing bidang dapat dijadikan acuan bagi kegiatan Organisasi serta mampu untuk mempertanggung jawabkannya.

Rapat pleno ini, kata Singal, merupakan bagian dari kegesitan Ketua terpilih Verly A. Tielung agar tidak menunggu terlalu lama membawah Pemuda Katolik dalam semangat “Pro Ecllesia Et Patria”. (Berto Davids/KbN).

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password