breaking news New

Cegah Timbulnya Raka Raki, Kodim 1612 Manggarai Sosialisasikan Tentang Wawasan Kebangsaan

Suasana para Siswa/i SMAN 2 Langke Rembong saat mengikuti Apel Bendera sebelum sosialisasi dimulai

RUTENG, Kabarnusantara.net – Demi mencegah timbulnya Gerakan Radikalisme Kanan (Raka) dan Gerakan Radikalisme Kiri (Raki) yang ingin menghantam tubuh NKRI, Komando Distrik Militer (Kodim) 1612 Kabupaten Manggarai, NTT secara resmi mensosialisasikan tentang wawasan kebangsaan. Kali ini sosialisasi itu berlangsung di SMAN 2 Langke Rembong, Senin (18/9/2017) Pukul 10.00 Wita.

Pantauan Kabarnusantara.net, kegiatan sosialisasi tersebut diawali dengan Upacara Apel Bendera yang dipimpin langsung oleh Danrem Letkol Czy Dwi Priyono sebagai Inspektur Upacara.

Hadir dalam Upacara Apel Bendera itu para Guru SMAN 2 Langke Rembong, para Siswa/i dan Anggota Kodim 1612 lainnya.

Inspektur Upacara, Danrem Letkol Czy Dwi Priyono dalam amanatnya mengatakan bahwa saat ini Bangsa Indonesia sedang menghadapi situasi darurat nasional, yakni timbulnya Raka dan Raki yang ingin menghantam tubuh NKRI. Oleh karena itu, peran Pemuda terutama Siswa/i sebagai generasi sangat penting untuk mengantisipasi ancaman ini.

Lanjutnya, Raka itu merupakan suatu gerakan kelompok yang ingin menggantikan Ideologis Pancasila ke dalam Ideologis Agama. Sedangkan Raki merupakan gerakan kelompok yang berasal dari negara luar yang ingin mengkontaminasi Ideologis Pancasila ke dalam Partai Komunis Indonesia dengan menganut paham Atheis, yakni tidak percaya adanya Tuhan.

Negara luar yang ingin menyebarkan Raka dan Raki itu, sambungnya, berusaha untuk mencapai niatnya melalui gerakan halus, yakni gerakan taktik perang Proxi War atau Pemain Pengganti Ketiga.

Katanya lagi, taktik perang Proxi War ini sangat berbahaya karena secara halus Mereka bisa menguasai sebuah organisasi ataupun kelompok – kelompok Pemuda Indonesia.

“Ada suatu alasan mengapa gerakan itu ingin menguasai NKRI. Alasannya karena Indonesia terkenal dengan kekayaan alam yang berlimpah serta kemajuan – kemajuan lainnya seperti pengadopsian nilai – nilai Pancasila yang baik” papar Danrem Letkol Czy Dwi Priyono itu.

“Oleh karena itu, pengetahuan wawasan kebangsaan ini sangat perlu diterapkan di Sekolah – Sekolah agar Siswa/i yang menjadi generasi penerus dapat mempertahankan Ideologis Pancasila sekaligus menjaga NKRI dari serangan luar itu” tandasnya.

Sementara itu usai Apel Bendera, Babinsar Komando Rayon Militer (Koramil) Ruteng, Siprianus kepada Kabarnusantara.net mengatakan bahwa selain menggelar sosialisasi, kehadiran TNI di SMAN 2 Langke Rembong bertujuan untuk memberi motivasi atau dorongan kepada Siswa agar bisa mencita – citakan diri untuk ikut tes TNI jika sudah tamat nantinya. (Roman Haryanto/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password