breaking news New

Wakil Bupati Manggarai Minta Pengawas Pemilu Jaga Independensi

Dari kiri ke kanan, Heribertus Harun, Marselina Lorensia, Victor Madur, dan Fortunatus H. Manah.

RUTENG, Kabarnusantara.net –Wakil Bupati Manggarai, Victor Madur meminta Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Manggarai harus menjaga independensi dalam menegakkan aturan pemilihan.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Manggarai Victor Madur di hadapan tiga Komisioner Panwaslu Kabupaten Manggarai di ruang kerjanya di Ruteng, Rabu, 20 September 2017.

Dikatakan Victor Madur, independensi dan integritas menjadi hal wajib yang harus dimiliki pengawas pemilu.

Madur meyakini pengawas pemilu akan berhasil pada sisi penyelenggaraan apabila pengawas pemilu tidak berpihak dan melakukan tugasnya sesuai amanat hukum yang berlaku.

Menurut Madur, godaan pada moment Pilgub dan Pilkada tentu cukup besar.

“Godaan pada moment Pilgub dan Pilkada cukup besar. Di situ independensi pengawas akan semakin diuji,” ujar Madur.

Lebih lanjut Madur mengatakan politik kadang-kadang macam-macam.

Karena itu, ujar Madur, harus bisa menahan diri.

Ia mengakui bahwa Panwaslu Kabupaten Manggarai yang baru terpilih sudah teruji melalui mekanisme dan tahapan rekrutmen.

“Panwaslu Kabupaten Manggarai terpilih sudah teruji pada tahap rekrutmen. Tentu dalam diri kalian ada komitmen dan mempunyai integritas yang tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” ujarnya lagi.

Ia pun menyarankan  agar kerjasama tim harus solid dibangun terutama dengan tim sekretariat dari unsur Aparatur Sipil Negara.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Manggarai, Marselina Lorensia mengatakan pihaknya berkomitmen memegang teguh independensi dan integritas sebagai Pengawas Pemilu.

Dikatakan Selin, mandat yang diemban Panwaslu Kabupaten Manggarai dalam rangka mengawasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang.

Selain itu, Komisioner Panwaslu Kabupaten Manggarai, Heribertus Harun mengatakan pihaknya mengedepankan upaya pencegahan dalam rangka meminimalkan terjadinya pelanggaran.

Ia pun berharap agar Pemerintah Kabupaten Manggarai dapat turut bekerjasama dalam kerangka pencegahan dengan menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Diakhir tatap muka perdana Panwaslu Kabupaten Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai itu, Heribertus Harun meminta dukungan Pemerintah Daerah berupa sarana dan prasarana bagi kelancaran kerja pengawasan pemilu di daerah itu.

Adapun personil Panwaslu Kabupaten Manggarai yang baru diantaranya, Fortunatus H. Manah,S.Pd, Marselina Lorensia,M.Pd, dan Heribertus Harun,SE. (Berto Davids/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password