breaking news New

Cegah Perpecahan, Soksi Gelar Munas Bersama

Jakarta, Kabarnusantara.net – Salah satu organisasi massa (Ormas) pendiri Partai Golkar (PG) yaitu Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Soksi) akan menggelar Musyawarah Nasional (Munas) Bersama di Jakarta, 10-12 Oktober. Munas bersama itu akan menyatukan tiga organisasi Soksi yang ada saat ini.

“Satu-satunya cara menyatukan organisasi dengan menyelenggarakan Munas Bersama. Kami sudah mendapat izin dari Partai Golkar. Insyaallah 10-12 Oktober di Jakarta,” kata tokoh senior Oetojo Oesman‎ dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/9). Ia didampingi sejumlah pengurus dan kader Soksi.

Ia menjelaskan sebelum meninggal tahun lalu, pendiri Soksi Suhardiman mengamanatkan agar Soksi jangan sampai pecah berkeping-keping. Soksi harus bulat dan satu agar mempunyai bargaining position yang besar di masyarakat.

“Munas nanti akan mengundang masing-masing pihak atau dewan pimpinan nasional (depinas) Soksi serta anggotanya. Siapa yang merasa ingin jadi calon ketua kami undang,” ujar mantan Menteri Kehakiman pada masa Orde Baru ini.

Menurutnya, ide Munas Bersama muncul setelah melakukan rapat pleno dengan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PG. Hasil rapat mengamanatkan agar Soksi segera melakukan konsolidasi supaya menjadi satu.

“Sudah pada tempatnya Golkar ikut campur karena merupakan badan yang berwenang mengajukan calon anggota DPR, MPR. Calon-calon juga berasal dari kader Soksi maupun Golkar. Karena para anggota Soksi secara individual juga anggota Partai Golkar,”  ujarnya.

Dia menegaskan keterlibatan semua faksi dalam Munas harus dimulai dari sekarang. Mulai dari persiapan masing-masing anggota calon legislatif (Caleg) menyiapkan diri dalam pemilu 2019 mendatang. Jika tidak memenuhi permintaan PG untuk melakukan konsolidasi agar Soksi satu, sama saja mengorbankan calon-calon anggota DPR dan MPR yang ada di internal partai beringin.

“Dalam kesempatan ini saya menyatakan semuanya akan kami undang karena ini untuk kepentingan anggota Soksi dan  Partai Golkar untuk menjemput hak konstitusionalnya untuk dipilih,” tutupnya. (OBI/Hipatios/KbN) 

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password