breaking news New

Universitas Janabadra Yogyakarta Sumbang Ratusan Buku Ke Paguyuban Kota Komba Yogyakarta

Penyerahan Buku Secara Simbolis Oleh Kedua Mahasiswa Baru UJB Kepada Ketua Paguyuban Kota Komba Yogyakarta, Astra Tandang pada Jumaat (22/9/2017)

Yogyakarta, Kabarnusatara. net – Peduli pendidikan, mahasiswa baru Universitas Janabadra (UJB), Yogyakarta sumbangkan ratusan buku ilmu pengetahuan umum ke Komunitas Kota Komba Yogyakarta.

Acara serah terima ratusan buku pun berlangsung di Auditorium KPH. Purwokusumo, Kampus I Janabdra, Pingit pada Jumaat, 22 September 2017.

Sumbangan ratusan buku tersebut diberikan secara simbolis kepada Ketua Kota Komba Yogyakarta, Astramus Tandang oleh kedua mahasiwa baru UJB dan disaksikan langsung oleh ratusan mahasiswa baru UJB, Presiden BEM UJB, Ketua Panitia dan puluhan anggota panitia Pencerahan dan orientasi Mahasiswa Kampus Kebangsaan (PERMAKK) UJB tahun 2017.

Rasa terima kasih pun diungkapkan oleh Presiden BEM UJB, Giovani Sarwolfram kepada ratusan mahasiswa baru UJB tahun 2017-2018, kepada panitia PERMAKK UJB dan kepada segenap civitas akademika UJB atas sumbangsi secara nyata UJB di dunia pendidikan, melalui kegiatan bakti sosial dengan menyumbang sejumlah buku kepada Paguyuban Kota Komba Yogyakarta.

Ucapkan terima kasih juga ia ungkapkan kepada Paguyuban Kota Komba Yogyakarta yang bersedia bekerjasama dengan UJB untuk turut peduli terhadap situasi pendidikan di daerah minim akses pendidikan.

Dirinya pun mengharapkan sumbangan ratusan buku tersebut dapat memberikan kontribusi positif bagi generasi muda Indonesia di daerah-daerah yang terkendala akses pendidikan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Panitia PERMAKK UJB tahun 2017, Abas Abdurahman.

Abas mengatakan, bahwa sumbangan buku bagi Paguyuban Kota Komba Yogyakarta adalah bagian dari partisipasi Universitas Janabdra dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Dengan adanya sumbangsih penyaluran buku dari kerelaan tiap mahasiswa baru Universitas Janabadra 2017 kepada Paguyuban Kota Komba Yogyakarta yang turut bergerak di dunia pendidikan, adalah salah satu bentuk partisipasi Janabdra terhadap kepedulian pendidikan di Indonesia,” tutur ketua BEM Fakultas Teknik UJB tersebut.

Lebih jauh, ia mengharapkan gerakan bagi buku tersebut dapat memicu minat baca anak bangsa yang ada di daerah terpencil.

“Semoga sumbangan buku-buku ini bisa menjadi salah satu pemicu untuk memancing dan memicu minat baca bagi anak-anak bangsa Indonesia yang ada di daerah terpencil”, harap Abas.

Selain itu, Ketua Kota Komba Yogyakarta, Astra Tandang dalam sambutanya mengapresiasi kepada UJB, khususnya kepada BEM, mahasiswa baru dan panitia PERMAKK UJB tahun 2017 yang turut peduli terhadap situasi pendidikan di daerah terpencil.

“Pemberian buku dari UJB ini, tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi kami (Paguyuban Kota Komba Yogyakarta), karena kita memiliki kepekaan yang sama terhadap situasi pendidikan di negeri ini, khususnya di daerah-daerah yang akses pendidikannya sulit,” pungkas Mahasiswa Ilmu Pemerintahan STPMD tersebut.

Ia menambahkan bahwa saat ini Kota Komba Yogyakarta sedang memfokuskan diri pada persoalan pendidikan, utamanya situasi pendidikan di Kabupaten Manggarai Timur, NTT.

“Pemberian buku ini tentu senada dengan arah gerak kami di tahun ini yakni peduli pendidikan di daerah terpencil khususnya di daerah-darah di Manggarai, NTT,” tambah Astra.

Ia pun berharap agar kerjasama tetap dilakukan dalam hal apapun antara Paguyuban Kota Komba Yogyakarta dengan UJB.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sampai di sini, tetapi dapat dilakukan seterusnya dalam hal dan kegiatan apapun,” tutup Astra.

Dalam waktu mendatang, ratusan buku itu direncanakan akan disalurkan ke tiga sekolah di wilayah Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, NTT. (Erfin Desta/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password