breaking news New

Aksi 229, Massa Diperkirakan 15 Ribu Penuhi Gedung MPR/DPR

Kabarnusantara.net – Gedung DPR/MPR bakal digeruduk oleh 15 ribu massa besok, Jumat (29/9). Massa itu merupakan Presidium Alumni 212 yang akan menggelar aksi unjuk rasa tentang penolakan bangkitnya Partai Komunis Indonesia (PKI).

Selain menolak isu kebangkitan PKI, aksi ini juga menolak Perppu tentang Ormas akan menjadi Undang-undang. Untuk itu, pihak kepolisian telah menyiapkan jajaran untuk mengamankan gedung wakil rakyat tersebut.

“Surat pemberitahuan sudah masuk ke Mabes Polri dikirim oleh Aliansi Presidium Alumni 212, dalam surat itu berisi massa bergerak dari berbagai daerah,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (28/9).

Argo menuturkan, perkiraaan ribuan massa yang berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR tidak hanya dari Jakarta tapi juga datang dari sekitar Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa provinsi lainnya.

“Ada 15 ribu sampai 17 ribu orang bukan hanya Jakarta tapi juga dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan beberapa provinsi lainnya,” ujarnya.

Unjuk rasa yang dikenal dengan Aksi 299 itu akan diamankan oleh 20 ribu personel aparat keamanan dari TNI dan Polri serta Brimob Nusantara. “20 ribu personel aparat keamanan, ada Brimob Nusantara yang membantu, agar jangan sampai nanti ada kejadian yang tidak kita inginkan,” ucapnya.

Adanya 17 ribu pengunjuk rasa itu, Argo mengimbau agar para peserta aksi tidak melanggar aturan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 9/1998 tentang Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum.

“Seperti tidak berunjuk rasa hingga lewat pukul 18.00 WIB, tidak merusak fasilitas umum, dan tidak membawa senjata tajam,” pungkasnya. (RR/KbN)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password