breaking news New
Dr. Azmi Syahputra S. H., M. H., Dosen Hukum Universitas Bung Karno.

Ahli Hukum: Ketua Pengadilan Jakarta Selatan Harus Diperiksa

Jakarta, Kabarnusantara.net – Terkait putusan praperadilan hakim Cepi Iskandar dalam kasus SN tidak hanya hakim bersangkutan saja diperiksa namun ketua pengadilannya juga harus diperiksa sebagai pintu gerbang distribusi penunjukkan hakim pemeriksa perkara praperadilan SN.

Demikian disampaikan Azmy Syahputra, Ahli hukum pidana Universitas Bung Karno (UBK), Minggu 1 Oktober di Jakarta.

Menurutnya, kemungkinan pertama hakim Cepi Iskandar memang membangun argument pertimbangan hukum yang mendalilkan untuk dan akan mengabulkan permohonan praperadilan atau hakim ini bekerja karena ada”permintaan khusus” atau titipan perkara dari ketua pengadilan.

Lebih lanjut dikatakan Azmy, dalam praktik permintaan Ketua Pengadilan jarang ditolak oleh hakim.

“Karena dalam praktiknya kebanyakan hakim akan sulit menolak Jika ada permintaan dari ketua pengadilan dan bisa jadi hakim Cepi type hakim yang tidak bisa menolak permohonan pimpinan,” ujarnya.

Ia menambahkan, modus kelicikan pengkondisian hakim yang disetting ini juga harus diungkap sebagai wujud reformasi peradilan.

“Dalam praktiknya jika hakim sudah dikondisikan sejak awal personilnya via ketua pengadilan maka yang terjadi ada tawaran dalam bentuk penerimaan uang atau janji menerima atau ada kepentingan sesuatu yang akan diperoleh,” jelasnya.

“Jika ini dapat dibuktikan oleh KY atau pengawas internal Mahkamah Agung maka sejak awal sudah ada tindakan yang disengaja dengan maksud oleh ketua pengadilan untuk mengkondisikan kasus praperadilan SN. Karenanya, hal ini harus diusut dengan teliti dan tuntas,” tutup dia. (Hipatios/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password