breaking news New

Geliat Sepak Bola Generasi Manus


Oleh: Epin Solanta*


Nama Manus dalam konteks wilayah Manggarai pada umumnya dan Manggarai Timur pada khususnya sudah sangat familiar. Ketika menyebut nama Manus, ada banyak komentar. Yang paling sering diucapkan adalah perihal logat/dialeg Manus. Ada kekhasan tersendiri, yang mengundang banyak pihak untuk perlahan tapi pasti ingin memahami bahasa Manus. Di Manggarai Timur, eksistensi orang Manus sangat kuat. Ikhlim politik pun kerap kali disandingkan dengan orang Manus. Bahkan tidak sedikit orang berkomentar, politik orang Manus ini sangat kuat.

Ketika penulis menelusuri secara mendalam ternyata klaim bahwa orang Manus itu kuat bukan terletak pada fisik yang sangat berenergik dan atletis, tetapi lebih kepada suasana dan perasaan batin untuk selalu hidup dalam persaudaraan. Misi tentang pentingnya hidup keluarga menjadi spirit dasar yang menjiwai kehidupan orang manus. Tidak salah jika ungkapan omnes vos frates estis (kita semua adalah saudara) menjadi andalan dalam ziarah dan petualangan hidup orang Manus.

Manus Family in Batavia

Rasa kekeluargaan dan semangat solidaritas yang menjiwai kehidupan orang Manus dalam kenyataannya tidak hanya dimainkan dalam ranah lokal. Tetapi semua spirit dan semangat tersebut berlanjut sampai di tanah perantauan. Generasi muda Manus menyadari akan arti penting dari sebuah persaudaraan. Ada suatu perasaan bahwa kita semua berasal dari satu darah dan ibu yang sama yaitu nama kebesaran Manus.

Keluarga besar Manus di Jakarta atau yang akrab disebut Manus Family in Batavia mengaktualisasikan rasa persaudaraannya dalam geliat sepak bola. Manus FC begitulah namanya. Tim yang dihuni oleh pemain-pemain muda asli Manus saat ini sedang melakoni pertandingan Coresta Cup di Tangerang. Nama Boy Sulimas banyak menyita perhatian publik, bukan hanya bagi kalangan Manus Family in Batavia, melainkan juga seluruh masyarakat Manggarai yang mengikuti turnamen di Tangerang. Pasalnya beliau yang adalah generasi muda Manus ini sangat antusias memberikan dukungan baik material maupun moril terhadap kemajuan sepak bola khususnya bagi generasi Manus.

Sepak Bola dan Budaya Manus

Nils Havemann di dalam kuliahnya dengan judul die gesellschaftliche Bedeutung des Fubballs in Deutschland menegaskan bahwa sepak bola adalah sebuah kultur. Sepak bola bagaikan udara yang dihirup banyak orang, tak terasa namun memiliki arti yang penting. Sepak bola adalah cerminan dari suatu masyarakat. Sepak bola adalah kegiatan sosial. Ia melibatkan banyak orang. Ia mengandaikan adanya komunitas dan kemudian mengembangkan ikatan komunitas tersebut. Ia kerap menjadi jembatan yang menghubungkan orang-orang yang berbeda.

Ungkapan Havemann di atas persis yang saat ini sedang dan terus dimainkan oleh generasi Manus Family in Batavia. Sepak bola menjadi media sekaligus ruang untuk mewujudkan persaudaraan. Sepak bola hadir sebagai wadah untuk menyatukan dan mempersatukan.

Terlepas dari ada suatu hal yang ingin dikejar dalam sepak bola yaitu menjadi pemenang (the winner), itu adalah hal yang wajar. Tetapi perlu kita ingat secara bersama, bahwa kemenangan terbesar dalam sebuah pertandingan adalah ketika kebersamaan dan persaudaraan nyata dalam diri setiap individu. Kenyataan tersebut bukan hanya sebatas pada kata-kata, melainkan kehadiran fisik untuk saling memberikan semangat satu dengan yang lain.

Budaya orang Manus adalah budaya kebersamaan, kekompakan dan persaudaraan. Ini adalah spirit yang seharusnya terus menjiwai generasi Manus dimanapun berada. Oleh karena itu, mengakhiri tulisan ini, penulis mengajak kita semua khususnya mereka yang peduli dengan generasi Manus untuk terus melirik potensi generasi Manus dalam geliat sepak bola. Lirikan tersebut menjadi suatu kebanggaan dan apresiasi yang begitu luar biasa dalam usaha megembangkan diri sekaligus memajukan sepak bola untuk generasi muda Manus. Salam dari kami yang sedang berpetualang di Batavia!!!

*Penulis adalah Putra Manus
Berdomisili di Jakarta

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password