breaking news New

KNPA: Upaya Penguatan Hak Petani Tak Sejalan Dengan Pengeluaran Izin di Sektor Agraria

Kabarnusantara.net –Komite Nasional Pembaruan Agraria (KNPA) menilai praktik korupsi pengeluaran izin-izin di sektor agraria tidak sejalan dengan upaya penguatan hak-hak petani.

“Mewakili keprihatinan kami,  bahwa upaya pengusutan tuntas modus atau praktik-praktik korupsi pengeluaran izin izin konsensi tidak sejalan dengan upaya penguatan hak-hak petani,” ujar Dewi Kartika, salah satu jubir KNPA saat melakukan kunjungan ke KPK, Kamis, 5 Oktober 2017.

Menurut Dewi, saat ini ada ribuan konflik agraria, baik di sektor kehutanan, perkebunan,  tambang, kelautan maupun akibat pembangunan infrastruktur.

Karena itu, dirinya berharap Pemerintah seger mengambil langkah serius dan nyata untuk menyelesaikan konflik tersebut serta menertibkan masalah perizinan.

“Kita berharap di tahun ketiga pemerintahan ini, ada upaya yang lebih serius dan konkrit bagaimana menertibkan semua izin konsensi yang sudah melakukan perampasan tanah dan bahkan sampai mengkriminalkan banyak petani dan masyarakat di banyak pelosok,” ungkapnya.

Selain itu Komite meminta KPK melakukan audit, pengusutan dan penindakan terhadap praktik korupsi baik dalam bentuk suap, pemerasan atau bentuk-bentuk lainnya pada penguasaan, pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya agraria baik oleh BUMN maupun perusahaan swasta.

Komite juga mendorong KPK untuk menegaskan kepada Kementerian Kementerian atau lembaga yang terkait dapat menggunakan otoritas politiknya secara transparan dan bertanggung jawab dalam hal penguasaan, pemanfaatan dan peruntukan sumber-sumber agraria bagi kepentingan rakyat. (Hipatios/KbN)

<

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password